Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Hiburan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
4. Matematika
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman
secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni
Budaya Keterampilan
- Seni Musik : Mengapresiasi karya seni musik
Mengekpresikan diri melalui karya seni
musik.
- Seni Tari : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar :
1. PKn
·
Melaksanakan
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
- Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
2. IPS
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
.3. IPA
·
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·
Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair
yang ada di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan
kegunaanya melalui pengamatan.
.4. Matematika
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·
Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
berbahasa.
·
Menyimpulkan
isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·
Menulis
kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.
Seni Budaya Keterampilan.
- Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
- Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
I. Tujuan
Pembelajaran****:
Siswa
dapat :
·
Membuat
daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·
Melaksanakan piket di kelas.
·
Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik.
·
Menjelaskan
cara merawat hewan peliharaan di rumah.
·
Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di
rumah.
·
Mengidentifikasi
buah yang berbiji banyak.
·
Mengidentifikasi
buah yang berbiji sedikit.
·
Mengelompokkan benda padat yang ada di
lingkungan sekitar.
·
Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di
lingkungan kelas.
·
Membaca
symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·
Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk
penjumlahan.
·
Menjumlah
bilangan tanpa teknik menyimpan.
·
Menjumlah
bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan
penjumlahan bilangan
·
Mengurangkan
bilangan tanpa teknik meminjam.
·
Mengurangkan
bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan
pengurangan bilangan.
·
Menyelesaikan soal hitung campuran .
·
Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk
cerita.
·
Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan
oleh teman.
·
Menyempaikan pesan yang didengar pada orang
lain.
·
Menyimak cerita bacaan pendek.
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·
Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·
Menceritakan kegiatan
·
Memberi tanggapan pada kegiatan
·
Menyusun gambar
·
Menceritakan
gambar yang telah urut.
·
Menjawab pertanyaan
·
Menceritakan peristiwa.
·
Membaca teks dengan bersuara
·
Mengajukan pertanyaan bacaan.
·
Menceritakan kembali isi bacaan.
·
Meringkas isi bacaan.
·
Menyusun kalimat menjadi cerita.
·
Menulis
karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·
Menulis
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menulis pengalaman sendiri
·
Menyusun kata menjadi kalimat
·
Membuat kalimat.
·
Menyalin
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menuliskan
kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan
penggunaan huruf capital dan tanda titik
·
Menentukan sumber bunyi .
·
Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan / tepukan.
·
Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan
rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·
Mendefinisikan nada.
·
Mendefinisikan irama.
·
Membedakan nada dan irama.]
·
Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·
Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hidup
gotong royong.
·
Dokumen
pribadi dan keluarga
·
Peristiwa
penting.
·
Manfaat
dokumen.
·
Bagian
utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat
benda
·
Perubahan
wujud benda
·
Oprasi
bilangan
·
Nilai
tempat.
·
Mengurutkan
bilangan.
·
Mendengarkan
teks pendek.
·
Percakapan
·
Melengkapi
kalimat.
·
Menulis
pengalaman
·
Menulis
kalimat dengan huruf indah
·
Unsur
musik
·
Gerakan
tari sesuai iringan.
·
Kawih.
·
Maca
wacana kakawihan.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti
:
Minggu ke 1
Pertemuan pertama :
3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Dengan penjelasan guru tentang permainan
bisik pesan, siswa dapat mendenganrkan teks pendek yang dibisikkan oleh teman.
F Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit
( Matematika,IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Melalui pengamatan yang ditugaskan guru
yang berhubungan dengan koleksi, siswa dapat menyebutkan barang-barang koleksi yang dimiliki keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Dengan mendengarkan cerita yang
disampaikan guru sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang dibacakan guru dengan lisan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 2 x 35 menit. ( B. Indonesia, PKn )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan dan cerita yang disampaikan guru,
siswa mampu menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan pada cerita yang
disampaikan teman.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan
diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui demontrasi , cerita dan penjelasan guru yang
berhubungan dengan cerita bergambar sehingga siswa mampu menyusun gambar dan
menceritakan gambar yang berurutan dengan kalimat yang sedrhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan pengamatan langsung yang ditugaskan
guru, siswa mampu menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga.
F Melalui pengamatan dan eksperimen
sederhana sehingga siswa mampu mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.
F Dengan penjelasan guru
tentang pengerjaan hitung bilangan, siswa mampu mengubah kalimat
pengurangan ke dalam bentuk penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, I. Indonesia, IPA, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui
penjelasan guru tentang
penjumlahan sehingga siswa mampu menghitung penjumlahan pada bilangan tanpa
teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan, cerita dan demontrasi
siswa mampu menceritakan gambar dengan urut dan kalimat sederhana.
F Melalui peragaan yang didemontrasikan guru
tentang musik, siswa mampu menentukan sumber bunyi.
F Mampu membedakan kuat dan melemahnya bunyi
dengan gerakan / tepukan.
F Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi
yang didengarkan..
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35
menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan siswa mampu
menghitung penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjawab pertanyaan dan
menceritakan peristiwa kepada teman.
F Dengan penjelasan gurudan memberi contoh hariring,
sehingga siswa mampu menyanyikan kakawihan secara individu maupun klasikal.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke dua 2 x 35 menit
(Matematika, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan yang ditugaskan guru
yang berhubungan dengan koleksi keluarga, siswa mampu menyebutkan jenis koleksi keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan dan mendemontrasikan
tentang penjumlahan melalui soal cerita , siswa dapat menyelesaikan soal cerita
yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan / contoh dari guru sehingga siswa mampu membacakan teks dengan bersuara
lantang dan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru yang
berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan siswa dapat menyelesaikan sosl
cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit
(B. Indonesia, PKn )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan mendengarkan teks yang dibacakan
guru, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan kemudian menceritakan
dan meringkas isi bacaan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan
diskusi siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di sekolah ,
kemudian melaksankananya pada piket di kelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x
35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru
tentang cara melengkapi kalimat sehingga siswa mampu menyusun kalimat menjadi cerita yang
benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan langsung
yang ditugaskan guru sehingga siswa mampu menyebutkan koleksi barang
keluarga dan cara merawatnya
F Malalui pengamatan dan eksperimen
sederhana siswa mampun membuat daftar data
tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit .
F Dengan penjelasan dan pemberian contoh
dari guru, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian contoh dan penjelasan
guru, yang berhubungan dengan pengurangan, siswa mampu menyelesaikan soal
pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.
F Dengan penjelasan guru yang berhubungan
dengan karangan pendek, siswa mampu menuliskan karangan pendek dengan membubuhi
tanda titik.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa
dapat mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
F Melalui pengamatan yang berhubungan dengan seni musik siswa
mampu mendefinisikan nada, mendefinisikan irama, membedakan nada dan irama.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pemberian
contoh yang berhubungan dengan pengurangan siswa mampu menghitung pengurangan
dengan teknik satu kali meminjam.
F Melalui contoh guru, tentang cara
melengkapi kalimat siswa mampu menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke dua 2 x 35 menit
(Matematika, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru
dan pemberian contoh, tentang pengurangan , siswa mampu menghitung
pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang.
F Melalui pengalaman siswa yang pernah
dialami, siswa mampu menceritakan pengalaman peristiwa yang menyenangkan di rumah secara kronologis.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan peragaan dan penjelasan guru tentang
pengurangan , siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan
bilangan.
F Melalui contoh dan penjelasan guru tentang
penulisan cerita sederhana sehingga siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit
(B.Indonesia, PKn)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan
kalimat, siswa mampu menyusun kata menjadi kalimat dengan benar.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf
sambung.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan
melakukan langsung, sehingga siswa mampu menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan peliharaan di rumah.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan
kalimat yang benar, siswa mampu melihat kalimat dengan tulisan yang dapat
terbaca oleh orang lain.
F Melalui pengalamn yang dialami , siswa
menceritakan perististiwa yang menyenangkan di sekolah.
F Melalui pengamatan dan penjelasan guru,
siswa mampu mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
F Dengan pemberian contoh dan penjelasan
guru tentang penjelasan dan pengurangan, siswa mampu menghitung/ menyelesaikan soal hitung campuran.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat
sedehana yang didiktekan guru, siswa
mampu menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung
dan memperjhatikan huruf kapital dan tanda titik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan dan penjelasan guru
tentang penjumlahan dan pengurangan , siswa dapat menyelesaikan soal hitung
campuran dalam bentuk cerita.
F Melalui penjelasan guru dan diskusi sederhana , siswa mampu menyebutkan kegunaan
benda padat yang ada di lingkungan sekitar kelas.
F Dengan peragaan dan contoh dari guru
tentang gerakan tari spontan , siswa dapat memperagakan gerakan tari yang
sesuai antara gerakan dan iringan.
F Siswa memperagakan gerakan berpindah tempat , melenggang, melangkah,
dan melompat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku
relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku
relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD
, Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2
Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku
relevan.
·
Alat Peraga :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar
tanaman dan binatang
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
·
Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di
rumah.
·
Melaksanakan piket di kelas.
·
Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik.
·
Menjelaskan
cara merawat hewan peliharaan di rumah.
2. IPS :
·
Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di
rumah.
3.
IPA :
·
Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.
·
Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit.
·
Mengelompokkan benda padat yang ada di
lingkungan sekitar.
·
Mengelompokkan benda cair yang ada di
lingkungan sekitar.
·
Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di
lingkungan kelas.
4. Matematika :
·
Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk
penjumlahan.
·
Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·
Menjumlah bilangan denga satu kali teknik
menyimpan.
·
Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan penjumlahan
bilangan
·
Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·
Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu
kali teknik meminjam.
·
Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan pengurangan bilangan.
·
Menyelesaikan soal hitung campuran .
·
Menyelesaikan soal hitung campuran dalam
bentuk cerita.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan
oleh teman.
·
Menyempaikan pesan yang didengar pada orang
lain.
·
Menyimak cerita bacaan pendek.
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·
Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·
Menceritakan kegiatan
·
Memberi tanggapan pada kegiatan
·
Menyusun gambar
·
Menceritakan
gambar yang telah urut.
·
Menjawab pertanyaan
·
Menceritakan peristiwa.
·
Membaca teks dengan bersuara
·
Mengajukan pertanyaan bacaan.
·
Menceritakan kembali isi bacaan.
·
Meringkas isi bacaan.
·
Menyusun kalimat menjadi cerita.
·
Menulis
karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·
Menulis
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menulis pengalaman sendiri
·
Menyusun kata menjadi kalimat
·
Membuat kalimat.
·
Menyalin
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menuliskan
kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan
penggunaan huruf capital dan tanda titik
6
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menentukan sumber bunyi .
·
Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan / tepukan.
·
Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan
rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·
Mendefinisikan nada.
·
Mendefinisikan irama.
·
Membedakan nada dan irama.]
·
Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·
Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn
:
·
Buatkanlah daftar kegiatan pembagian tugas di
rumah.
·
Laksanakanlah piket di kelas.
·
Jelaskanlah cara merawat tumbuhan dengan baik.
·
Jelaskanlah cara merawat hewan peliharaan di rumah.
2. IPS :
·
Sebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di
rumah.
3. IPA
:
·
Jelaskanlah buah yang berbiji banyak.
·
Jelaskanlah buah yang berbiji sedikit.
·
Kelompokkan benda padat yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Kelompokkan benda cair yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Sebutkan kegunaan benda padat yang ada di
lingkungan kelas.
4.
Matematika :
·
Bacakanlah symbol +, - , = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Gunakanlah symbol +, - , = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Gubahkanlah kalimat pengurangan ke bentuk
penjumlahan.
·
Jumlahkanlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·
Jumlahkanlah bilangan denga satu kali teknik
menyimpan.
·
Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan
·
Gurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·
Gurangkan bilangan dengan menggunakan satu
kali teknik meminjam.
·
Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.
·
Selesaikan soal hitung campuran .
·
Selesaikan soal hitung campuran dalam bentuk
cerita.
5. Bahasa Indonesia :
·
Dengarkan pesan teks pendek yang dibisikan
oleh teman.
·
Sempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·
Simakanlah cerita bacaan pendek.
·
Ceritakan
kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·
Jawabkanlah pertanyaan bacaan secara lisan.
·
Ceritakan kegiatan
·
Berikanlah tanggapan pada kegiatan
·
Susunkanlah gambar
·
Menceritakan
gambar yang telah urut.
·
Ceritakan peristiwa.
·
Bacakanlah teks dengan bersuara
·
Gajukan pertanyaan bacaan.
·
Ceritakan kembali isi bacaan.
·
Ringkaskanlah isi bacaan.
·
susunkanlah kalimat menjadi cerita.
·
Tuliskanlah
karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·
Tuliskanlah
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Tuliskanlah
pengalaman sendiri
·
Susunkanlah kata menjadi kalimat
·
Buatkanlah kalimat.
·
Salinkanlah
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Tuliskanlah
kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan
penggunaan huruf capital dan tanda titik
6
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Tentukan sumber bunyi .
·
Bedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan / tepukan.
·
Tunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan
rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·
Jelaskanlah nada.
·
Jelaskanlah irama.
·
Membedakan nada dan irama.]
·
Tunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·
Tunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan
tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
|
Peatalatan
menggunakan listrik
|
Peralatan
tidak menggunakan listrik
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
|
R
|
Pakaian
|
|
Celana
|
|
Handuk
|
|
TV
|
|
Kasur
|
|
Topi
|
|
Lemari es
|
|
Komputer
|
|
Tas
|
|
v
Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
PPAI Kec.
NIP
|
,…………2011
Guru Tematik kls 2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar