Jumat, 01 Maret 2013

RPP Hiburan Kelas 3 sms 1



Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik


Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Hiburan
Kelas/Semester     :  III / 1
Alokasi Waktu     :  2  minggu

I. Standar Kompetensi
I.
PKn


1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II.
IPS


1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan
sekolah

III.
Bahasa Indonesia


Mendengarkan


1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan


Berbicara


2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran


Membaca


3.
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca
dongeng


Menulis


4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi


IV.
Matematika


1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

V.
IPA


1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup


2.
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan,
dan upaya menjaga kesehatan lingkungan


3.
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari


II. Kompetensi Dasar
1. PKn                         : - Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
                                      - Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari

2. IPS                          : - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. IPA                         : - Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
  - Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
  - Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau
    rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan
    diletakkan di udara terbuka

4. Matematika             : - Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
  - Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan
    pembagian bilangan tiga angka
  - Melakukan operasi hitung campuran

5. Bahasa Indonesia    : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
    lisan
  - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
  - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
    kalimat yang runtut dan mudah dipahami
  - Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat
    yang runtut dan mudah dipahami
  - Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi
    yang tepat
  - Menceritakan isi dongeng yang dibaca
  - Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
    memperhatikan penggunaan ejaan
  - Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar

III. Tujuan Pembelajaran**
1. PKn                                     : - Siswa dapat menulis isi teks Sumpah Pemuda
                               - Siswa dapat menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
                                                  - Siswa dapat mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa,
                                                    satu bangsa dan satu bahasa

2. IPS                                      : - Siswa dapat menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan
                                                    sehari-hari
                                                  - Siswa dapat membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan
                                                     rencana penghijauan
                          - Siswa  dapat membuat denah rumah siswa dengan
                            menentukan arah mata angin
                                                  - Siswa dapat membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
                                                  - Siswa dapat membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
                                                  - Siswa dapat membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam

3. IPA                                     : - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
                                                  - Siswa dapat membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak
                                                    sehat melalui gambar
                                                  - Siswa dapat mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada
                benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di
                tempat terbuka
                                                  - Siswa dapat membandingkan benda sebelum dan sesudah
                                                    mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat
                                                    terbuka

4. Matematika                         : - Siswa dapat membilang secara urut
  - Siswa dapat membandingkan  
    dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
                                                  - Siswa dapat mengingat perkalian dan pembagian sampai
                                                    dengan seratus
                                                  - Siswa dapat membuat tabel 10 x 10
                                                  - Siswa dapat menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan
                                                    10 secara cepat

5. Bahasa Indonesia                : - Siswa dapat mendengarkan petunjuk melakukan permainan
                                                  - Siswa dapat mencatat petunjuk tentang permainan
                                                  - Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi yang
                                                    menyenangkan
                                                  - Siswa dapat menjelaskan urutan cara melakukan suatu
                                                    permainan
                                                  - Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan
                                                  - Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng
                                                    yang dibaca
                                                  - Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-
                                                    kata sendiri
                                                  - Siswa dapat memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng
                                                    yang dibacanya
                                                  - Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
                                                  - Siswa dapat menulis puisi karangan sendiri
                                                  - Siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam
                                                    puisi

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV.  Materi Pokok
      1.   PKn
·   Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
      2.   IPS     
·   Kerja sama di lingkungan rumah
 
      3.   IPA
·   Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·   Perubahan pada  makhluk hidup
·   Sifat-sifat benda
      4.   Matematika
·   Garis bilangan
·   Penjumlahan dan pengurangan
·   Perkalian dan pembagian
·   Uang
·   Alat ukur
·   Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
      5.   Bahasa Indonesia.
·   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·   Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·   Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·   Menjelaskan isi teks.

V. MetodE Pembelajaran                         
 1.  Informasi
 2.  Diskusi
 3.  Tanya jawab
 4.  Demontrasi
 5.  Pemberian tugas

VI. Langkah-langkah pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B. Kegiatan Inti
Minggu  I
Pertemuan pertama  :  6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara pengelompokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
PKn                                                                                              
F Mengajak siswa untuk memperhatikan gambar :
1. Para remaja sedang berlatih cara membalut luka
2. Para remaja sedang menolong korban banjir
F Dilanjutkan dengan melakyukan tanya jawab dengan siswa mengenai gambar-gambar yang telah diamatinya. Pertanyaan sebagai berikut :
1. Siapa saja yang ditolong oleh PMR?
2. Bagaimana cara mereka menolong korban?
3. Apa akibatnya jika menolong korban dilakukan sendiri?
Matematika    
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Bahasa Indonesia
F Guru membacakan petunjuk cara menjaga kebersihan kelas
F Siswa diminta menyampaikan penjelasan cara menjaga kebersihan kelas
F Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
IPS
F Mengajak siswa untuk mengamati gambar :
1.      Sampah dikumpulkan untuk diolah
2.      Sampah di sungai
3.      Penumpukkan sampah dinmana-mana, karena tidak ada TPA
F Mengajak siswa untuk mengamati gambar-gambar banjir di Bandung
Setelah pengamatan ini dilanjutkan tanya jawab dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut :
1.      Mengapa banjir seperti pada gambar bisa terjadi?
2.      Apa yabg akan kamu lakukan untuk mencegah agar bencana banjir tidak terjadi?
F Melakukan tanya jawab dan diskusi dengan siswa dengan memberikan pertanyaan
1.      Pernakah di daerahmu terjadi banjir?
2.      Bila pernah apa penyebabnya?
3.      Apa akibatnya bagimu?
F Hasil diskusi dituliskan pada selembar kertas


Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membacakan cerita yang berjudul meniru yang baik
F Guru menyuruh siswa menyebutkan tokoh-tokoh dari cerita yang didengarnya
F Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
F Membagi siswa menjadi dua  kelompok untuk melakukan praktek kesadaran lingkungan
F Mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat kebersihan
a.   Kelompok satu : mengumpulkan sampah yang ada di lingkungan sekolah, memisahkan antara sampah kering dan sampah besar kemudian menguburkan sampah basah tersebut
b.   Kelompok dua : Menanam pohon di sekolah
      Membebaskan siswa untuk memilih tanaman yang akan ditanam dan memotivasi siswa agar selalu merawat tanaman tersebut
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mendengarkan pembacaan naskah drama
F Siswa mempraktekan pembacaan naskah drama
F Guru menyuruh siswa mengungkapkan pendapatnya tentang isi teks drama yang didengarkan
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
           IPA
F Setelah menyimak materi penggulongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel

Minggu  II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
PKn
F Mempraktekkan cara membalut luka
F Mempraktekkan cara menolong kecelakaan/mushibah
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang

Pertemuan ke dua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
F Guru menunjukkan gambar rambu-rambu lalu lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu-rambu lalu lintas
F Guru mengintruksikan siswa menggambar salah satu rambu lalu lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu lalu lintas yang digambarnya
IPS
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kelurahan
F Guru mengajak siswa berkunjung ke kelurahan Balonggede
F Guru memberikan tugas pada siswa untuk mencatat data jumlah penduduk  mengenai kelahiran dan kematian di kelurahan Balonggede
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia                                     
F Guru memberikan dua buah gambar : 1. lingkungan kotor 2. lingkungan sehat
F Guru menyuruh siswa melengkapi kalimat sesuai dengan gambar
F Guru menyuruh siswa untuk memberikan saran terhadap kedua gambar tersebut
IPA
F Meminta siswa mengmti photo seorang anak dari usia balita hingga dewasa, siswa diminta menjelaskan perubahan yang terjadi dari usia balita hingga dewasa
F Secara kuantitatif guru dapat menunjukkan grafik di dalam KMS. Guru meminta siswa menyerahkan KMS yang dibawa siswa, kemudian guru menggambarkan grafik tinggi dan berat badan seperti yang ada di dalam KMS siswa
F Siswa diminta mencari informasi tentang bermacam-macam vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut
F Berdiskusi tentang pertumbuhan dua orang anak yang berbeda tingkat kesehatannya. Permasalahan yang perlu didiskusikan :
1.      Bagaimana pertumbuhan anak yang sakit?
2.      Bagaimana pertumbuhan anak yang sehat?
3.      Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesehatan anak?
4.      Pola makan bagaimana yang paling baik agar tumbuh sehat?
Setelah diskusi siswa diminta mengungkapkan pendapatnya.
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan keempat 4 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
Aspek Menulis
F Guru memberikan tiga buah gambar seri
F Guru menyuruh siswa untuk membuat kalimat sesuai dengan gambar
F Kemudian siswa menyusun karangan berdasarkan gambar
F Siswa mengurutkan tiga buah gambar seri menjadi sebuah paragraf
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.

Pertemuan kelima 2 x 35 menit (Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.

Pertemuan keenam 2 x 35 menit ( Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

VIII. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. PKn :
§ Menulis isi teks Sumpah Pemuda
§ Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
§ Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
2. IPS :
§ Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
§ Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
§ Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
§ Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
§  Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
§ Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
3. IPA :
§ Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
§ Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
§ Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
§ Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka
4. Matematika :
§ Membilang secara urut
§ Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
§ Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
§ Membuat tabel 10 x 10
§ Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
5. Bahasa Indonesia :
§ Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
§ Mencatat petunjuk tentang permainan
§ Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
§ Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
§ Membaca puisi dengan penghayatan
§ Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
§ Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
§ Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
§ Menulis puisi karangan sendiri
§ Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
§  
§ Tes lisan Tes tertulis
§  
§  
§ uraian
§ isian
1. PKn :
§ Tuliskanlah isi teks Sumpah Pemuda
§ Nyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
§ Diskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
2. IPS :
§ Jelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
§ Buatkanlah denah SD YPBK dilengkapi dengan rencana penghijauan
§ Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
§ Bacakanlah denah rumah siswa dan SD Assalaam
§ Buatkanlah peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
§ Bacakanlah peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
3. IPA :
§ Bagaimana caranya golongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
§ Bedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
§ Jelaskanlah adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
§ Bandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka
4. Matematika :
§ Jelaskanlah bilangan secara urut
§ Bandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
§ Jelaskanlah perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
§ Buatkanlah tabel 10 x 10
§ Hitungkan perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
5. Bahasa Indonesia :
§ Jelaskanlah petunjuk melakukan permainan
§ Buatkanlah petunjuk tentang permainan
§ Ceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
§ Jelaskanlah urutan cara melakukan suatu permainan
§ Bacakanlah puisi dengan penghayatan
§ Sebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
§ Ceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
§ Jelaskanlah tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
§ Bagaimana cara melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
§ Tuliskanlah puisi karangan sendiri
§ Bagaimana cara melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi

§ LKS
§ Lmbar observasi.


v  Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
§ No.
§ Aspek
§ Kriteria
§ Skor
§ 1.
§ Konsep
§ * semua benar
§ * sebagian besar benar
§ * sebagian kecil benar
§ * semua salah
§ 4
§ 3
§ 2
§ 1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar