RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA :
KEGEMARAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
Memiliki
harga diri sebagai individu
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
Memahami
kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia
memelihara dan melestarikan alam
IV. Matematika
Geometri
dan Pengukuran
Memahami
unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan : 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
Berbicara :
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan bercerita
Membaca : 7. Membaca teks dengan membaca intensif
(150n – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis :
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan
puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan harga diri
Mengenal
kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
|
IPA
|
:
|
Mendiskripsikan
kenampakan permukaan bumi di lingkungan
|
Matematika
|
:
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab
dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang
dibaca secara intensif
Membaca
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik.
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat mengatakan cara menjaga
harga diri pribadi
§ Siswa dapat mengatakan cara menjaga
harga diri bangsa
§ Siswa dapat mengasumsi sikap ramah dan
santun
§ Siswa dapat menyebutkan salah satu
keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat menyebutkan pengertian
pembeli
§ Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang
harus diperhatikan dalam membeli satu barang
§ Siswa dapat menyebutkan nama-nama pasar
yang ada di lingkungan rumah masing-masing
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
§ Siswa dapat menjelaskan melalui
pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§ Siswa dapat menyimpulkan melalui
pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat menjelaskan sudut sebagai
jarak putar
§ Siswa dapat membuat sudut satu,
setengah, seperempat putaran
§ Siswa dapat membangun bangun datar
sesuai dengan sifat- sifatnya
§ Siswa dapat menghitung keliling datar
dengan menjumlahkan semua sisinya
§ Siswa dapat menghitung keliling bangun
persegi
§ Siswa dapat menghitung keliling bangun
persegi panjang
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Siswa dapat memberikan tanggapan
terhadap watak tokoh
§ Siswa dapat menanggapi pengalaman teman
§ Siswa dapat melakukan percakapan dengan
teman dari teks drama yang dibacakan guru
§ Siswa dapat menjelaskan denah
berdasarkan petunjuk
§ Siswa dapat menceritakan kembali
peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§ Siswa dapat membacakan cerita dengan isi
teks agak panjang
§ Siswa dapat membaca puisi
§ Siswa dapat menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang puisi yang dibacanya
§ Siswa dapat mengamati dan mengurutkan
gambar
§ Siswa dapat menggunakan tanda hubung (-)
untuk menulis kata ulang
§ Siswa dapat membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
§ Siswa dapat menulis tegak bersambung
§ Siswa dapat membuat karangan sederhana
§ Siswa dapat menggunakan tanda koma (,)
untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. PKn
§
Kekayaan alam Indonesia
§
Harga diri
§
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi besar
permukaan bumi
F Guru dan siswa mengidentifikasi bentuk
permukaan bumi
F Guru memperagakan bentuk bumi dengan globe
F Siswa secara beregu mengamati globe
PKn
F Guru menjelaskan pengertian harga diri, siswa mencatat
definisi harga diri
F Guru menjelaskan cara menjaga harga diri
pribadi
F Guru menjelaskan cara menjaga harga diri
bangsa
F Siswa mengidentifikasi cara-cara menjaga harga diri pribadi dan
bangsa
Matematika
F Guru menjelaskan dan mepraktekkan bahwa sudut sebagai
jarak putar
F Siswa mempraktekkannya dengan bantuan alat
peraga jangka
F Guru menjelaskan/ membuat putaran satu,
setengah dan seperempat.
F Siswa mempraktekkannya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membacakan cerita
F Siswa menaggapi dan memberikan tanggapan
terhadap watak tokoh dalam cerita
F Siswa dari tiap kelompok menceritakan
pengalaman di depan kelas
F Siswa-siswa lain menanggapi pengalaman
temannya
IPS
F Guru menjelaskan yang dimaksud pembeli
F Guru mengajukan pertanyaan tentang hak dan
kewajiban pembeli
F Siswa menjawaab pertanyaan guru
F Siswa mencatat rangkuman tentang
pembeli
Matematika
F Siswa mempraktekkan cara memutar sudut dari
kedua kaki sudutnya
F Siswa membuat sudut seperempat putaran
(sudut siku-siku)
F Siswa membuat sudut setengah putaran
(lurus)
F Guru menanggapi hasil pekerjaan siswa dan
memberikan penilaian
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membacakan teks drama
F Siswa secara beregu melakukan percakapan
dari teks drama
F Siswa lain menaggapi percakapan teman
F Guru menanggapi hasil percakapan dari
tiap-tiap regu
Matematika
F Siswa membuat sudut putaran penuh (lingkaran)
F Siswa mencari gambar yang menunjukkan sudut
seperempat putaran
F Siswa mencari gambar yang menunjukkan
sudut setengah putaran
F Siswa mencatat gambar yang menunjukkan
sudut satu putaran penuh
IPA
F Siswa mencatat hasil pengamatan dari globe
F Siswa merangkum tentanng materi permukaan
bumi
F Guru menilai hasil kerja siswa
F Tiap kelompok presentase hasil
pengamatan, siswa lain menanggapinya
ý Pertemuan IV : 4 x 35 menit (Bahasa Indonesia,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan cara membaca denah
F Siswa membaca denah
F Guru mengajukan pertanyaan tantang denah
F Siswa menjawab pertanyaan guru
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Melalui pengamatan model, guru menjelaskan
bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
F Guru bersama siswa mendefinisikan laut,
palung, dan jurang
F Siswa menyebutkan contoh lautan yang luas
di Indonesia dengan alat peraga peta
PKn
F Guru menjelaskan sikap keramahtamahan
F Guru menjelaskan pentingnya keramahtamahan
di masyarakat melalui cerita
F Siswa menaggapi cerita guru
Matematika
F guru membangun bangun datar sesuai dengan
sifat-sifatnya
F Siswa menjiplak titik-titik pada kertas
berpetak
F Siswa menggabungkan titik-titik tersebut
membentuk bangun datar
F Guru memberi penilaian hasil kerja
siswa
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (Matematika, IPS, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menceritakan di depan kelas pengalaman
melihat kecelakaan yang dilihatnya
F Guru membacakan isi teks yang panjang
F Siswa menanggapi cerita guru dan
menjawab pertanyaan guru
Matematika
F Guru menjelaskan cara menghitung keliling
bangun datar
F Siswa mencoba menghitung keliling bangun
datar yang dibuatnya
F Guru menjelaskan satuan cm pada sisi
bangun datar
F Siswa menghitung keliling bangun datar
dengan satuan cm
IPS
F Guru memberi penjelasan beberapa hal tentang
cara membeli suatu barang
F Siswa mengulangi penjelasan guru
F Siswa mencatatnya di buku tulis
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (Matematika, IPS, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membacakan puisi
F Siswa menjawab pertanyaan tentang isi
puisi
F Siswa membacakan puisi tersebut di depan
kelas
F Siswa mencatat teks puisi
Matematika
F Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga
F Siswa menghitung keliling bangun datar
persegi
F Siswa menghitung keliling bangun datar
persegi panjang
IPA
F Guru mengajukan pertanyaan tentang besar
permukaan bumi
F Siswa menjawab pertanyaan guru secara
tertulis
F Guru memberi penilaian terhadap
jawaban siswa
ý
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B.
Indonesia :
F Siswa membaca puisi tanpa teks di depan kelas
secara bergilir
F Guru memberikan penilaian terhadap
bacaan puisi
IPS
F Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang
cara memilih barang sebelum membelinya
F Siswa menjawab pertanyaan guru
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Melalui pengamatan gambar, guru menjelaskan
permukaan bumi tidak datar
F Siswa memberi alasan, mengapa permukaan
bumi tidak datar
F Siswa menyebutkan beberapa hal yang
menyebabkan permukaan bumi tidak datar
PKn
F Guru menyebutkan salah satu keunikan yang
dimiliki bangsa Indonesia
F Siswa menyebutkan hasil karya yan dibuat
oleh rakyat Indonesia
F Guru dan siswa mengasumsikannya
sebagai wujud kebanggaan sebagai anak Indonesia
Matematika
F Guru menjelaskan caramenghitung keliling bangun
datar segitiga
F Siswa menghitung keliling bangun datar
segitiga sama sisi
F Guru memberi penilaian terhadap hasil
kerja siswa
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mengamati dan mengurutkan gambar
F Siswa membuat kalimat tiap-tiap
gambar sehingga membentuk satu paragraf
Matematika
F Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga
sembarang
F Siswa menghitung keliling bangun datar
segitiga sama kaki
F Guru memberi penilaian tentang hasil
karya siswa
IPS
F Guru menjelaskan fungsi pasar tradisional
F Guru dan siswa mengidentifikasi
pasar-pasar yang ada di kota Bandung
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan tanda hubung (-) untuk menulis
kata ulang
F Siswa menulis kata ulang dengan
menggunakan tanda hubung
F Siswa membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
Matematika
F Siswa menghitung keliling bangun datar tanpa
bangun, dalam bentuk soal cerita
F Gur menilai hasil kerja siswa
IPA
F Guru memperlihatkan gambar permukaan bumi
F Siswa menyebutkan perbedaan antara gunung
dan pegunung
F Siswa menuliskan perbedaan antara
jurang, palung, lembah, dan samudera
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
Minggu IV
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
·
Siswa menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung
·
Siswa menuliskan nama-nama pasar swalayan sekitar
rumah dan sekolah
·
Siswa menuliskan perbedaan pasar swalayan dan pasar
tradisonal
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
VI. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengatakan cara menjaga harga diri
pribadi
§ Mengatakan cara menjaga harga diri
bangsa
§ Mengasumsi sikap ramah dan santun
§ Menyebutkan salah satu keunikan yang
dimiliki bangsa Indonesia
IPS :
§ Menyebutkan pengertian pembeli
§ Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan
dalam membeli satu barang
§ Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di
lingkungan rumah masing-masing
IPA :
§ Mengidentifikasi berbagai bentuk
permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
§ Menjelaskan melalui pengamatan model
bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§ Menyimpulkan melalui pengamatan model
bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
Matematika :
§ Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
§ Membuat sudut satu, setengah, seperempat
putaran
§ Membangun bangun datar sesuai dengan
sifat- sifatnya
§ Menghitung keliling datar dengan
menjumlahkan semua sisinya
§ Menghitung keliling bangun persegi
§ Menghitung keliling bangun persegi
panjang
Bahasa Indonesia :
§ Memberikan tanggapan terhadap watak
tokoh
§ Menanggapi pengalaman teman
§ Melakukan percakapan dengan teman dari
teks drama yang dibacakan guru
§ Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
§ Menceritakan kembali peristiwa
kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§ Membacakan cerita dengan isi teks agak
panjang
§ Membaca puisi
§ Menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang puisi yang dibacanya
§ Mengamati dan mengurutkan gambar
§ Menggunakan tanda hubung (-) untuk
menulis kata ulang
§ Membuat kalimat yang di dalamnya
terdapat kata ulang
§ Menulis tegak bersambung
§ Membuat karangan sederhana
§ Menggunakan tanda koma (,) untuk
menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Jelaskanlah cara menjaga harga diri
pribadi
§ Jelaskanlah cara menjaga harga diri
bangsa
§ Jelaskanlah sikap ramah dan santun
§ Sebutkan salah satu keunikan yang
dimiliki bangsa Indonesia
IPS :
§ Sebutkan pengertian pembeli
§ Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan
dalam membeli satu barang
§ Sebutkan nama-nama pasar yang ada di
lingkungan rumah masing-masing
IPA :
§ Jelaskanlah berbagai bentuk permukaaan
bumi (daratan dan sebaran air)
§ Jelaskanlah melalui pengamatan model
bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§ Simpulkan melalui pengamatan model bahwa
bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
Matematika :
§ Jelaskanlah sudut sebagai jarak putar
§ Buatkanlah sudut satu, setengah,
seperempat putaran
§ Bangunkanlah bangun datar sesuai dengan
sifat- sifatnya
§ Hitunglah keliling datar dengan
menjumlahkan semua sisinya
§ Hitungkanlah keliling bangun persegi
§ Hitungkanlah keliling bangun persegi
panjang
Bahasa Indonesia :
§ Sebutkanlah tanggapan terhadap watak
tokoh
§ Jelaskanlah cara menanggapi pengalaman teman
§ Jelaskanlah cara melakukan percakapan
dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
§ Jelaskanlah denah berdasarkan petunjuk
§ Ceritakan kembali peristiwa kecelakaan
yang dilihat dan dialami siswa
§ Bacakan cerita dengan isi teks agak
panjang
§ Bacakanlah puisi
§ Jawabkanlah pertanyaan yang diajukan
tentang puisi yang dibacanya
§ Jelaskanlah cara mengamati dan
mengurutkan gambar
§ Jelaskanlah cara menggunakan tanda
hubung (-) untuk menulis kata ulang
§ Jelaskanlah cara membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
§ Tuliskanlah tegak bersambung
§ Buatkanlah karangan sederhana
§ Jelaskanlah cara menggunakan tanda koma
(,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
· LKS
· Lmbar observasi.
|
*. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar