RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA :
KEPERLUAN SEHARI –
HARI
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 4 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I.
PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
§ Mengenal pentingnya harga diri
|
IPS
|
:
|
§ Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
IPA
|
:
|
§ Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa
gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
Matematika
|
:
|
§ Mengenal pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
§ Menirukan dialog dengan eksperimen yang
tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§ Menceritakan peristiwa yang pernah
dialami, dilihat atau didengar
§ Menjawab atau mengajukan pertanyaan
tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
§ Menulis karangan sederhana berdasarkan
gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik.
|
I. TUJUAN PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi harga diri
§ Siswa dapat menjelaskan kelebihan harga
diri manusia dari makhluk lain
§ Siswa dapat mengasumsikan manusia
sebagai makhluk Tuhan
§ Siswa dapat memberi alasan mengapa
manusia penting memiliki harga diri
§ Siswa dapat menyebutkan cara menjaga
harga diri dalam hidup bermasyarakat
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat mengenal jenis-jenis
pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§ Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
pekerjaan yang menghasilkan barang
§ Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis
pekerjaan yang mengutamakan jasa
§ Siswa dapat membuat daftar pekerjaan
orang tua kelas 3
§ Siswa dapat menyebutkan manfaat semangat
kerja
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi berbagai gerak
benda melalui percobaan
§ Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal
yang mempengaruhi gerak benda
§ Siswa dapat membuat daftar kegunaan
gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§ Siswa dapat menerapkan berbagai gerak
benda untuk berbagai keperluan
§ Siswa dapat menjelaskan pentingnya
menghemat energi
§ Siswa dapat memberi contoh cara
menghemat energi di lingkungan rumah
§ Siswa dapat menerapkan cara menghemat
energi di sekolah
§ Siswa dapat menyebutkan cara menghemat
energi dalam kehidupan sehrai-hari
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat menyajikan gambar dengan
menuliskan pecahannya
§ Siswa dapat membilang pecahan dengan
kata-kata
§ Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
§ Siswa menuliskan pecahan dengan
kata-kata
§ Siswa membilang pecahan dengan lambang
§ Siswa membandingkan dua buah pecahan
§ Siswa menggunakan pembanding lebih atau
tanda pembanding
§ Siswa menggunakan pembanding kurang dari
atau tanda pembanding
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Siswa menanggapi masalah yang terjadi di
sekitar kita
§ Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§ Siswa menanggapi secara lisan masalah
yang kita dengar
§ Siswa menirukan penggalan percakapan
dari cerita yang dibaca
§ Siswa memberikan pendapat / perasaan
dari hal-hal yang didengar siswa
§ Siswa menceritakan kembali peristiwa
yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Siswa menjelaskan secara terperinci
suatu tempat
§ Siswa menjelaskan urutan perjalanan
menuju suatu tempat
§ Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan
yang dibaca
§ Siswa menggunakan tanda koma di depan
bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Siswa menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Siswa menjelaskan secara lisan dongeng
yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
III. MATERI
POKOK
1. PKn
§
Kekayaan alam Indonesia
§
Harga diri
§
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar,
model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak
benda
F Siswa mengidentifikasi berbagai gerak
benda melalui percobaan
F Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
F Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
F Guru menjelaskan kelebihan harga diri
manusia dari makhluk lain
F Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
F Guru menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
F Guru melukiskan lambang pecahannya
F Siswa membilang dengan kata-kata
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa membaca bacaan dengan seksama
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan
F Guru menilai hasil jawaban siswa
IPS
F Guru bersama siswa mengidentifikasi jenis-jenis
pekerjaan
F Guru menjelakan pekerjaan yang dikelola
oleh swasta dan pemerintah
F Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola aleh swasta
Matematika
F Siswa menggambar bangun datar yang melambangkan pecahan
F Siswa menuliskan lambang pecahannya untuk tiap-tiap gambar
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan cara pemekaian tanda koma ( , ) di
depan bilangan persepuluhan
F Siswa menggunakan tanda koma dalam kalimat
yang ada bilangannya
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Matematika
F Guru menjelaskan cara membilang pecahan dengan lambang
pecahan
F Siswa membilang dan membaca lambang
pecahan
F Guru memberi soal-soal pecahan dan siswa mengerjakannya
IPA
F Guru dan siswa mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi
gerak benda
F Siswa menyebutkan contoh gerak benda
berdasarkan permukaannya
F Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan berat benda
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B. Indonesia
F Guru menjelaskan penggunaan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah.
F Siswa menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan
jumlah
IPS
F Siswa menunjukkan jenis pekerjaan yang bergerak di
bidang jasa
F Siswa mengelompokkan jenis pekerjaan yang termasuk wiraswasta
F Siswa mencatat jenis pekerjaan baik yang dikelola swasta atau pemerintahan maupun
wiraswata
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan
sehari-hari
F Siswa membuat daftar
benda dan kegunaanya
F Guru menilai hasil kerja siswa
PKn
F Guru mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
F Guru menjelaskan mengapa manusia penting
memiliki harga diri
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang harga diri
Matematika
F Guru menyajikan nilai pecahan
F Siswa menentukan nilai pecahan dengan
gambar
F Siswa menggambar bangun datar yang menunjukkan nilai pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru membacakan sebuah cerita
F Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
guru
F Siswa menceritakan kembali secara singkat cerita yang dibacakan guru
IPS
F Guru menjelaskan manfaat dari tiap jenis pekerjaan
F Siswa membedakan dari ketiga jenis pekerjaan
F Guru menanggapi penjelasan/ pendapat siswa
Matematika
F Guru menyajikan gambar dengan nilai pecahannya
F Siswa menentukan benar atau salah nilai
pecahan sesuai gambarnya
F Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Beberapa siswa menceritakan pengalaman di
sekitar sekolah di depan kelas
F Siswa lain menanggapi cerita teman-temannya
F Siswa menanggapi maslah yang didengarnya secara lisan
Matematika
F Guru menyajikan nilai pecahan seperdua dan seperempat
berikut gambarnya
F Siswa membaca pecahan seperdua,
seperempat, dua perempat, tiga perempat
F Siswa menuliskan nilai pecahan dengan kata-kata
IPA
F Guru menjelaskan berbagai gerak benda sesuai
keperluannya
F Siswa menyebutkan contoh dari gerak benda
di air
F Siswa memberikan contoh dari gerak benda di darat
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia , IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberi contoh cara membuat penggalan dari satu
cerita
F Siswa menirukan penggalan percakapan dari
sebuah cerita
F Guru meanggapinya dengan penjelasan yang lebih jelas
IPS
F Guru menugaskan tiap siswa bertanya ke sisw lain
tentang pekerjaan orang tua
F Siswa mencatat jenis pekerjaan orang tua
kelas 3
F Siswa membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Guru menjelaskan pentingnya menghemat
energi
F Guru menjelaskan bahwa sumber daya alam merupakan
salah satu cara menghemat energi
F Siswa mencatat rangkuman tentang hemat energi
PKn
F Guru menjelaskan cara menjaga harga diri dalam hidup
bermasyarakat
F Siswa mengidentifikasi bentuk harga diri pribadi
Matematika
F Siswa mengisi lambang pecahan yang ditunjukkan
oleh bagian yang diarsir
F Siswa mengubah nama pecahan dengan lambang pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mengemukakan pendapat secara lisan tentang cerita yang didengar
F Siswa memberikan saran atas pendapat teman lain
F Siswa menuliskan pendapat dan sarannya
IPS
F Siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan
yang menghasilkan barang
F Guru menanggapi pendapat siswa
F Guru menjelaskan kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Matematika
F Guru menjelaskan cara penyelesaian soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan
F Guru dan siswa menuliskan kalimat
matematikanya pada gambar
F Guru menilai hasil pekerjaan siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa menceritakan pengalaman yang menyenangkan
F Siswa menceritakan pengalaman secara
tertulis
F Guru menanggapi cerita siswa yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan
Matematika
F Guru menjelaskan arti tanda pembanding kurang dari atau
lebih dari
F Siswa menggunakan tanda pembanding pada
dua gambar yang berbentuk sama
F Guru menilai hasil pekerjaan siswa
IPA
F Siswa memberikan contoh cara penghematan energi di rumah
F Guru menaggapi pendapat siswa
F Siswa mencatat beberapa cara penghematan energi di rumah
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru mengajukan pertanyaan dari bacaan yang
dibaca siswa
F Siswa menjawabnya secara tertulis
F Guru memberi penilaian atas jawaban siswa
IPS
F Guru menjelaskan bagaimana cara menjaga
semangat belajar
F Siswa menyebutkan cara mengatasi kemalasan
F Siswa mencatat cara-cara mengatasi kemalasan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
VI. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengidentifikasi harga diri
§ Menjelaskan kelebihan harga diri manusia
dari makhluk lain
§ Mengasumsikan manusia sebagai makhluk
Tuhan
§ Memberi alasan mengapa manusia penting
memiliki harga diri
§ Menyebutkan cara menjaga harga diri
dalam hidup bermasyarakat
IPS :
§ Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada
di lingkungan sekitar rumah
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
mengutamakan jasa
§ Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas
3
§ Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§ Mengidentifikasi berbagai gerak benda
melalui percobaan
§ Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi gerak benda
§ Membuat daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari
§ Menerapkan berbagai gerak benda untuk
berbagai keperluan
§ Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§ Memberi contoh cara menghemat energi di
lingkungan rumah
§ Menerapkan cara menghemat energi di
sekolah
§ Menyebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§ Menyajikan gambar dengan menuliskan
pecahannya
§ Membilang pecahan dengan kata-kata
§ Menuliskan pecahan dengan lambang
§ Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Membilang pecahan dengan lambang
§ Membandingkan dua buah pecahan
§ Menggunakan pembanding lebih atau tanda
pembanding
§ Menggunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§ Menanggapi masalah yang terjadi di
sekitar kita
§ Mendengarkan pembacaan cerita
§ Menanggapi secara lisan masalah yang
kita dengar
§ Menirukan penggalan percakapan dari
cerita yang dibaca
§ Memberikan pendapat / perasaan dari
hal-hal yang didengar siswa
§ Menceritakan kembali peristiwa yang
menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Menjelaskan secara terperinci suatu
tempat
§ Menjelaskan urutan perjalanan menuju
suatu tempat
§ Menjawab pertanyaan dari bacaan yang
dibaca
§ Menggunakan tanda koma di depan bilangan
persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Menggunakan tanda titik untuk memisahkan
bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Menjelaskan secara lisan dongeng yang
dibaca dengan kata-kata sendiri
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Jelaskanlah harga diri
§ Jelaskanlah kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§ Jelaskanlah manusia sebagai makhluk
Tuhan
§ Jelaskanlah alasan mengapa manusia
penting memiliki harga diri
§ Sebutkan cara menjaga harga diri dalam
hidup bermasyarakat
IPS :
§ Jelaskanlah jenis-jenis pekerjaan yang
ada di lingkungan sekitar rumah
§ Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
§ Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
mengutamakan jasa
§ Buatkanlah daftar pekerjaan orang tua
kelas 3
§ Sebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§ Jelaskanlah berbagai gerak benda melalui
percobaan
§ Jelaskanlah hal-hal yang mempengaruhi
gerak benda
§ Buatkanlah daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari
§ Terapkan berbagai gerak benda untuk
berbagai keperluan
§ Jelaskanlah pentingnya menghemat energi
§ Sebutkanlah contoh cara menghemat energi
di lingkungan rumah
§ Terapkan cara menghemat energi di
sekolah
§ Sebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§ Jelaskanlah gambar dengan menuliskan
pecahannya
§ Jelaskanlah cara membilang pecahan
dengan kata-kata
§ Tuliskan pecahan dengan lambang
§ Tuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Jelaskanlah cara membilang pecahan
dengan lambang
§ Bandingkan dua buah pecahan
§ Gunakan pembanding lebih atau tanda
pembanding
§ Gunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§ Bagaimana cara menanggapi masalah yang
terjadi di sekitar kita
§ Jelaskanlah isi cerita
§ Bagaimana cara menanggapi secara lisan
masalah yang kita dengar
§ Menirukan penggalan percakapan dari
cerita yang dibaca
§ Memberikan pendapat / perasaan dari
hal-hal yang didengar siswa
§ Ceritakan kembali peristiwa yang
menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Jelaskanlah secara terperinci suatu
tempat
§ Jelaskanlah urutan perjalanan menuju suatu tempat
§ Jelaskanlah cara menggunakan tanda koma di depan
bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Jelaskanlah cara Menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Jelaskanlah cara Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Jelaskanlah secara lisan dongeng yang dibaca dengan
kata-kata sendiri
· LKS
· Lmbar observasi.
|
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
1xbet korean (Situs Judi Slot Online Gacor Deposit Pulsa Tanpa
BalasHapus1xbet korean (Situs Judi Slot Online Gacor Deposit Pulsa 1xbet download Tanpa 1xbet korean (Situs Judi Slot Online Gacor Deposit Pulsa Tanpa 1xbet korean (Situs Judi Slot Online Gacor Deposit Pulsa Tanpa