RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA :
KERAJINAN TANGAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
5. Menerapkan konsep energi gerak
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
3.2
|
Memberi
contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui
kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
|
IPS
|
:
|
2.1
2.3
|
Mengenal
jenis-jenis pekerjaanj
Memahami
kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah
|
IPA
|
:
|
5.2
|
Membuat
kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi
energi gerak
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
6.1
7.1
8.1
|
Melakukan
percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan
kalimat ringkas
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
Menulis
puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasikan perilaku
yang menceritakan harga diri
§ Siswa dapat menjelaskan cara agar
dihargai orang lain
§ Siswa dapat menjelaskan cara agar
pendapat kita didengar orang lain
§ Siswa dapat menjelaskan cara menyikapi
teman yang suka berbohong
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat membuat kliping
tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§ Siswa dapat menjelaskan tujuan jual beli
§ Siswa dapat menyebutkan yang dimaksud
penjual
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat membuat salah satu benda
yang dapat bergerak oleh angin
§ Siswa dapat menentukan rancangan yang
akan dibuat
§ Siswa dapat menentukan alat dan bahan
yang mudah didapt dan mudah digunakan
§ Siswa dapat menentukan alat dan bahan
yang mudah didapat dan mudah digunakan
§ Siswa dapat menggunakan alat dan bahan
secara tepat
§ Siswa dapat membuat model sesuai
rancangan dengan memperhatikan keindahan
§ Siswa dapat memodifikasi model-model
yang dibuat
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan pecahan
§ Siswa dapat menulis kalimat
matematikanya
§ Siswa dapat menentukan sudut dari benda/
bangun
§ Siswa dapat menjelaskan sudut sebagai
daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Siswa dapat mengurutkan besar sudut
menurut ukuran
§ Siswa dapat membuat jenis sudut lancip,
siku-siku dan tumpul
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Siswa dapat mendengarkan bacaan yang
berisi simbol lalu lintas
§ Siswa dapat membuat percakapan melalui
telepon dengan teman
§ Siswa dapat melakukan bermain peran
dengan alat komunikasi telepon
§ Siswa dapat memperagakan percakapan
melalui telepon
§ Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan
§ Siswa dapat membaca contoh karangan
§ Siswa dapat membuat percakapan melalui
telepon
§ Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan
gambar seri
§ Siswa dapat menyusun karangan
berdasarkan gambar seri
§ Siswa dapat menulis ringkasan dongeng
anak-anak
§ Siswa dapat menentukan tema puisi
berdasarakan gamabar
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. PKn
§
Kekayaan alam Indonesia
§
Harga diri
§
Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
III. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa mengumpulkan alat dan bahan yang
mudah didapat dan mudah digunakan
F Guru menentukan alat dan bahan yang dikumpulkan oleh
siswa
PKn
F Guru menjelaskan tentang perilaku yang
mencerminkan harga diri
F Siswa menyebutkan perilaku yang mencerminkan harga diri
Matematika
F Membahas pengertian pecahan 1/2. 1/3. 1/4
dan 1/6 dari kegiatan sehari-hari
F Menguji keterampilan siswa mewarnai gambar
sesuai dengan pecahan yang diminta
F Siswa menentukan nilai pecahan dari gambar yang diwarnainya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru menjelasakn tentang simbol-simbol
lalu lintas
F Siswa mendengarkan bacaan yang berisi
simbol-simbol lalu lintas
F Siswa menuliskan arti simbol-simbol lalu
lintas yang disediakan
F Siswa menjawab pertanyaan tentang simbol-simbol lalu
lintas dengan bantuan gambar
IPS
F Guru menjelaskan tentang jenis-jenis
pekerjaan baik yang menghasilkan barang/ jasa
Matematika
F Menjelaskan tentang pembilang dan penyebut
suatu pecahan
F Mencari tahu pembilang dan penyebut suatu pecahan yang
disajikan
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Bersama teman sebangkunya, siswa
mendiskusikan membuat percakapan melalui telepon tentang pelajaran
F Siswa melakukan percakapan di depan kelas dengan
menggunakan alat komunikasi telepon
Matematika
F Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita
yang berkaitan dengan pecahan
IPA
F Guru dan siswa menentukan rancangan yang akan dibuat
F Siswa menyiapkan rancangan tersebut
untuk membuat kincir angin
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menyimak bacaan yang dibaakan oleh guru
F Siswa menuliskan kesimpulan dan bacaan yang disimaknya
IPS
F Siswa membuat kliping tentang jenis-jenis
pekerjaan
F Siswa menjelaskan isi kliping yang dibuatnya di depan
kelas
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa membuat kincir angin dengan bimbingan guru
F Siswa membawa kincir angin ke luar ruangan agar bergerak dengan
tiupan angin
PKn
F Guru menjelaskan cara agar dihargai orang lain
F Siswa diminta menjelaskan acra agar dihargai orang lain
Matematika
F Bertanya jawab tentang benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang menggunakan sudut
F Menyelesaikan soal-soal yang menentukan
jumlah sudut dengan sajian gambar benda-benda dalam kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mendengar sebuah contoh karangan
F Siswa menulis sebuah karangan dengan benar]
F Siswa membacakan karangannya di depan
kelas
IPS
F Guru menjelaskan tentang jual beli
F Siswa menanggapi penjelasan guru tentang jual beli
Matematika
F Bersama teman sebangku, siswa
mendefinisikan pengertian sudut dari kegiatan menghimpitkan lidi sama panjang pada kedua
ujungnya.
F Siswa menyimpulkan dari hasil kegiatan tersebut
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa membuat percakapan melalui telepon dengan benar
F Siswa membacakan percakapan melalui
telepon yang dibuatnya
F Siswa mendengarkan percakapan melalui telepon yang
dipraktikkan oleh temannya
Matematika
F Guru mengarahkan siswa menunjukkan satu gerakan tubuh
yang menunjukkan sudut
F Siswa mendemonstrasikan gerakan tersebut
di depan kelas
F Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan sudut
IPA
F Guru memberikan penilaian terhadp
ketepatan penggunaan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kincir angin
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menyusun gambar seri yang disajikan
F Siswa menulis kalimat dari gambar seri
tersebut
F Siswa membacakan kalimat dari gambar seri tersebut
IPS
F Guru menjelaskan tentang tujuan jual beli
F Siswa menanggapi penjelasan guru tentang tujuan jual beli
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa memperindah kincir dengan
hiasasan-hiasan yang sesuai
F Guru memberikan penilaian hasil karya siswa
PKn
F Siswa diminta menjelaskan cara agar
pendapat kita didengar orang lain
F Siswa diminta menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
Matematika
F Guru mengarahkan siswa membuat sudut
siku-siku dari selembar kertas
F Disajikan gambar sudut, siswa diminta untuk mengurutkan
besar sudut tersebut menurut ukurannya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Disajikan gambar seri, siswa menuliskan
kalimat dari gambar seri tersebut
F Siswa menuliskan karangan dengan
mengembangkan kalimat dari gambar seri tersebut
F Siswa membacakan hasil karangannya di depan kelas
IPS
F Guru menjelaskan tentang penjual
F Siswa menanggapi penjelasan guru tentang penjual
Matematika
F Dengan menggunakan kertas terlipat
siku-siku, siswa membedakan sudut siku-siku, sudut tumpul dan sudut lancip
F Siswa berdiskusi tentang definisi sudut
tumpul dan sudut lancip berdasarkan kertas lipat yang telah dibuat
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan
temannya/ gurunya
F Siswa menuliskan ringkasan dari dongeng
tersebut
F Siswa membacakan ringkasan dari dongeng tersebut
Matematika
F Guru menguji kemampuan siswa menentukan jenis sudut
menggunakan kertas terlipat siku-siku
F Siswa menghitung banyaknya sudut menurut jenisnya dari suatu
bangun
IPA
F Siswa memodifikasi model-model kincir
angin agar lebih bervariasi
F Guru memberi penilaian hasil kerja siswa
ý Pertemuan IV : 3 x 35 (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Disajikan gambar dari sebuah puisi,
siswa membacakan puisi dengan penuh
penghayatan
F Siswa menuliskan tema puisi
IPS
F Siswa melakukan/ mempraktekkan proses jual
beli dengan bimbingan guru
F Siswa membuat laporan dari hasil praktiknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur derajat
V. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengidentifikasikan perilaku yang
menceritakan harga diri
§ Menjelaskan cara agar dihargai orang
lain
§ Menjelaskan cara agar pendapat kita
didengar orang lain
§ Menjelaskan cara menyikapi teman yang
suka berbohong
IPS :
§ Membuat kliping tentang jenis-jenis
pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§ Menjelaskan tujuan jual beli
§ Menyebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§ Membuat salah satu benda yang dapat
bergerak oleh angin
§ Menentukan rancangan yang akan dibuat
§ Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Menggunakan alat dan bahan secara tepat
§ Membuat model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan
§ Memodifikasi model-model yang dibuat
Matematika :
§ Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
§ Menulis kalimat matematikanya
§ Menentukan sudut dari benda/ bangun
§ Menjelaskan sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§ Membuat jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§ Mendengarkan bacaan yang berisi simbol
lalu lintas
§ Membuat percakapan melalui telepon
dengan teman
§ Melakukan bermain peran dengan alat
komunikasi telepon
§ Memperagakan percakapan melalui telepon
§ Menyimpulkan isi bacaan
§ Membaca contoh karangan
§ Membuat percakapan melalui telepon
§ Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
§ Menyusun karangan berdasarkan gambar
seri
§ Menulis ringkasan dongeng anak-anak
§ Menentukan tema puisi berdasarakan
gamabar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Jelaskanlah perilaku yang menceritakan
harga diri
§ Jelaskanlah cara agar dihargai orang
lain
§ Jelaskanlah cara agar pendapat kita
didengar orang lain
§ Jelaskanlah cara menyikapi teman yang
suka berbohong
IPS :
§ Buatkanlah kliping tentang jenis-jenis
pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§ Jelaskanlah tujuan jual beli
§ Sebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§ Buatkanlah salah satu benda yang dapat
bergerak oleh angin
§ Tentukan rancangan yang akan dibuat
§ Tentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Tentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Jelaskanlah cara gunakan alat dan bahan
secara tepat
§ Buatkanlah model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan
§ Jelaskanlah model-model yang dibuat
Matematika :
§ Selesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
§ Tuliskanlah kalimat matematikanya
§ Tentukan sudut dari benda/ bangun
§ Jelaskanlah sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Urutkan besar sudut menurut ukuran
§ Buatkanlah jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§ Jelaskanlah bacaan yang berisi simbol
lalu lintas
§ Buatkanlah percakapan melalui telepon
dengan teman
§ Jelaskanlah cara Melakukan bermain peran
dengan alat komunikasi telepon
§ Peragakan percakapan melalui telepon
§ Simpulkan isi bacaan
§ Bacakanlah contoh karangan
§ Buatkanlah percakapan melalui telepon
§ Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar
seri
§ Susunkanlah karangan berdasarkan gambar
seri
§ Tuliskanlah ringkasan dongeng anak-anak
§ Tentukan tema puisi berdasarakan gamabar
· LKS
· Lmbar observasi.
|
VI. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
+
Tidak ada komentar:
Posting Komentar