Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Kesehatan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2
minggu
I. Standar
Kompetensi
|
|||
I.
|
PKn
|
|
|
|
1.
|
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
|
II.
|
IPS
|
|
|
|
1.
|
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah
dan sekolah
|
|
III.
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
Mendengarkan
|
|
|
|
1.
|
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak
yang dilisankan
|
|
|
Berbicara
|
|
|
|
2.
4
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan
petunjuk dengan
bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk paragraf
dan puisi
|
|
IV.
|
Matematika
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan pengukuran
waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
|
V.
|
IPA
|
|
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhiperubahan
pada makhluk hidup
|
|
|
2
|
Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
|
|
II. Kompetensi Dasar
1. PKn :
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan
sehari-hari
2. IPS :
- Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
3. IPA :
- Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
-
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
dan olah raga).
-
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
4. Matematika :
- Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
5. Bahasa Indonesia :
- Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan
- Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan
- Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
kata yang tepat
- Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
III. Tujuan Pembelajaran**
1. PKn : - Siswa dapat menyebutkan
kegiatan pramuka yang berupaya
menggalang persatuan dan kesatuan
2. IPS : - Siswa dapat melakukan
perawatan lingkungan sekitar rumah
3. IPA :
- Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan tempat
hidupnya
- Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan
jenis
makanannya
- Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan
penutup
tubuhnya
- Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan
cara
bergeraknya
- Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan
cara
berkembang biaknya
- Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan
cara
bernafasnya
- Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
- Siswa
dapat menjelaskan pentingnya makanan bergizi
seimbang untuk pertumbuhan
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh bahan
makanan tambahan
(zat aditif) terhadap tubuh
- Siswa dapat menjelaskan hubungan rekreasi,
olah raga,
istirahat dan kesehatan
- Siswa dapat menyebutkan macam-macam
pencemaran
lingkungan
- Siswa dapat mengidentifikasi penyebab
pencemaran tanah
- Siswa dapat mengidentifikasi penyebab
pencemaran air
- Siswa dapat mengidentifikasi penyebab
pencemaran udara
- Siswa dapat menyebutkan akibat pencemaran
lingkungan
terhadap kesehatan
4. Matematika : - Siswa dapat menggunakan meteran kain,
meteran saku,
penggaris untuk mengukur tinggi badan
- Siswa dapat menggunakan timbangan atau
neraca untuk
menimbang berat badan
5. Bahasa Indonesia : - Siswa dapat mendengarkan
petunjuk melakukan sesuatu
tentang kebersihan
- Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang
didengar
- Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan
dari cerita
yang dibacanya
- Siswa dapat membuat kalimat sesuai dengan
gambar
- Siswa dapat menyusun karangan berdasarkan
gambar
- Siswa dapat mengurutkan gambar seri menjadi
sebuah
paragraf
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV. Materi Pokok
1. PKn
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2.
IPS
·
Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak
hidup.
·
Perubahan pada
makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
4. Matematika
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks.
V. MetodE
Pembelajaran
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian tugas
VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan
materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan
pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan
hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan
persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis
makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi
kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan
disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
PKn
F Mengajak siswa untuk memperhatikan
gambar :
1. Para
remaja sedang berlatih cara membalut luka
2. Para
remaja sedang menolong korban banjir
F Dilanjutkan dengan melakyukan tanya
jawab dengan siswa mengenai gambar-gambar yang telah diamatinya. Pertanyaan
sebagai berikut :
Siapa saja
yang ditolong oleh PMR?
Bagaimana
cara mereka menolong korban?
Apa
akibatnya jika menolong korban dilakukan sendiri?
Matematika
F Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk
mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur
tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu
bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan
cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar
satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa
menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Bahasa
Indonesia
Aspek Mendengarkan :
F Guru membacakan petunjuk cara menjaga
kebersihan kelas
F Siswa diminta menyampaikan
penjelasan cara menjaga kebersihan kelas
F Guru
menyuruh siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
IPS
F Mengajak siswa untuk mengamati
gambar :
1.
Sampah dikumpulkan untuk diolah
2.
Sampah di sungai
3.
Penumpukkan sampah dinmana-mana, karena tidak ada TPA
F Mengajak siswa untuk mengamati
gambar-gambar banjir di Bandung
Setelah pengamatan ini dilanjutkan tanya jawab dengan memberikan
pertanyaan sebagai berikut :
1.
Mengapa banjir seperti pada gambar bisa terjadi?
2.
Apa yabg akan kamu lakukan untuk mencegah agar bencana
banjir tidak terjadi?
F Melakukan tanya jawab dan diskusi
dengan siswa dengan memberikan pertanyaan
1. Pernakah di
daerahmu terjadi banjir?
2. Bila pernah apa
penyebabnya?
3.
Apa akibatnya bagimu?
Hasil diskusi dituliskan pada selembar kertas
Pertemuan
ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
Aspek Mendengarkan :
F Guru membacakan cerita yang berjudul meniru
yang baik
F Guru menyuruh siswa menyebutkan
tokoh-tokoh dari cerita yang didengarnya
F Siswa menjawab pertanyaan yang
diajukan guru
IPS
F Membagi
siswa menjadi dua kelompok untuk
melakukan praktek kesadaran lingkungan
F Mengajak siswa untuk mempersiapkan
alat-alat kebersihan
a.
Kelompok satu : mengumpulkan sampah yang ada di lingkungan sekolah,
memisahkan antara sampah kering dan sampah besar kemudian menguburkan sampah
basah tersebut
b.
Kelompok dua : Menanam pohon di sekolah
F Membebaskan siswa untuk memilih
tanaman yang akan ditanam dan memotivasi siswa agar selalu merawat tanaman
tersebut
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi
badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan
cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar
satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa
menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa
diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan
ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan
tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi
kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan
disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
Pertemuan
ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mendengarkan pembacaan naskah drama
F Siswa mempraktekan pembacaan naskah drama
F Guru menyuruh siswa mengungkapkan
pendapatnya tentang isi teks drama yang didengarkan
Matematika
F Tanya jawab
tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan
misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi
badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan
cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar
satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan
soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
IPA
F Setelah menyimak materi penggulongan
hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan
persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis
makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi
kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan
disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel
Minggu II
Pertemuan
pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan
hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan
persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis
makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok,
setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar
mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
PKn
F Mempraktekkan cara membalut luka
F Mempraktekkan cara menolong
kecelakaan/mushibah
Matematika
F Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk
mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi
badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan
cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar
satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa
menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan
ke dua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru menunjukkan gambar rambu-rambu
lalu lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
mengenai arti rambu-rambu lalu lintas
F Guru mengintruksikan siswa menggambar salah
satu rambu lalu lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai arti rambu lalu lintas yang digambarnya
IPS
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
mengenai kelurahan
F Guru mengajak siswa berkunjung ke
kelurahan Balonggede
F Guru memberikan tugas pada siswa untuk
mencatat data jumlah penduduk mengenai
kelahiran dan kematian di kelurahan Balonggede
Matematika
F Tanya
jawab tentang satuan panjang yang
digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi
badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan
cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar
satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa
menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan
ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan dua buah gambar : 1.
lingkungan kotor 2. lingkungan sehat
F Guru menyuruh siswa melengkapi kalimat
sesuai dengan gambar
F Guru menyuruh siswa untuk
memberikan saran terhadap kedua gambar tersebut
IPA
F Meminta siswa mengmti photo seorang anak
dari usia balita hingga dewasa, siswa diminta menjelaskan perubahan yang
terjadi dari usia balita hingga dewasa
F Secara kuantitatif guru dapat menunjukkan
grafik di dalam KMS. Guru meminta siswa menyerahkan KMS yang dibawa siswa,
kemudian guru menggambarkan grafik tinggi dan berat badan seperti yang ada di
dalam KMS siswa
F Siswa diminta mencari informasi
tentang bermacam-macam vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin
tersebut
F Berdiskusi tentang pertumbuhan dua
orang anak yang berbeda tingkat kesehatannya. Permasalahan yang perlu
didiskusikan :
1.
Bagaimana pertumbuhan anak yang sakit?
2.
Bagaimana pertumbuhan anak yang sehat?
3.
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesehatan anak?
4.
Pola makan bagaimana yang paling baik agar tumbuh
sehat?
Setelah diskusi siswa diminta
mengungkapkan pendapatnya.
Matematika
F Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk
mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi
badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan
cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar
satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan
soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan
keempat
Bahasa
Indonesia
Aspek Menulis
F Guru memberikan tiga buah gambar seri
F Guru menyuruh siswa untuk membuat kalimat
sesuai dengan gambar
F Kemudian siswa menyusun karangan
berdasarkan gambar
F Siswa mengurutkan tiga buah gambar
seri menjadi sebuah paragraf
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat
dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur
berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat
(kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar
satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan
soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.
Pertemuan
kelima 2 x 35 menit (Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat
dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur
berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat
(kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar
satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal
cerita yang berhubungan dengan satuan berat.
Pertemuan
keenam 2 x 35 menit (Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat
dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur
berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat
(kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar
satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan
soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi
yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi
yang diajarkan
VIi. Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar
1.
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
2.
Buku IPA
3.
Buku Matematika
4.
Buku Bahasa Indonesia
5.
Buku IPS
6.
Eksiklopedia
7.
Kamus Bahasa Indonesia
8.
Pedoman EYD
9.
Koran dan majalah
10. Media elektronik
Alat Peraga
1.
Gambar kenampakan alam
2.
Gambar kenampakan buatan
3.
Gambar peristiwa alam
4.
Teks drama
5.
Contoh/tanda rambu-rambu lalu lintas
6.
Pesawat telepon mainan
7.
Benda padat dan cair
VIII. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
§
Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
2. IPS :
§
Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
3. IPA :
§
Menggolongkan hewan berdasarkan tempat
hidupnya
§
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya
§
Menggolongkan hewan berdasarkan penutup
tubuhnya
§
Menggolongkan hewan berdasarkan cara
bergeraknya
§
Menggolongkan hewan berdasarkan cara
berkembang biaknya
§
Menggolongkan hewan berdasarkan cara
bernafasnya
§
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
§
Menjelaskan pentingnya makanan bergizi
seimbang untuk pertumbuhan
§
Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan
(zan aditif) terhadap tubuh
§
Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga,
istirahat dan kesehatan
§
Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
§
Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
§
Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
§
Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
§
Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan
terhadap kesehatan
4. Matematika :
§
Menggunakan meteran kain, meteran saku,
penggaris untuk mengukur tinggi badan
§
Menggunakan timbangan atau neraca untuk
menimbang berat badan
5. Bahasa Indonesia :
§
Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu
tentang kebersihan
§
Menceritakan kembali cerita yang didengar
§
Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita
yang dibacanya
§
Membuat kalimat sesuai dengan gambar
§
Menyusun karangan berdasarkan gambar
§
Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah
paragraf
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn :
§
Sebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
2. IPS :
§
Jelaskanlah cara melakukan perawatan
lingkungan sekitar rumah
3. IPA :
§
Jelaskanlah cara menggolongkan hewan
berdasarkan tempat hidupnya
§
Jelaskanlah cara menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya
§
Jelaskanlah cara menggolongkan hewan
berdasarkan penutup tubuhnya
§
Jelaskanlah cara menggolongkan hewan
berdasarkan cara bergeraknya
§
Jelaskanlah cara menggolongkan hewan
berdasarkan cara berkembang biaknya
§
Jelaskanlah cara menggolongkan hewan
berdasarkan cara bernafasnya
§
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
§
Jelaskanlah pentingnya makanan bergizi
seimbang untuk pertumbuhan
§
Jelaskanlah hubungan rekreasi, olah raga,
istirahat dan kesehatan
§
Sebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
§
Jelaskanlah penyebab pencemaran tanah
§
Jelaskanlah penyebab pencemaran air
§
Jelaskanlah penyebab pencemaran udara
§
Sebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap
kesehatan
4. Matematika :
§
Jelaskanlah cara menggunakan meteran kain,
meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
§
Jelaskanlah cara menggunakan timbangan atau
neraca untuk menimbang berat badan
5. Bahasa Indonesia :
§
Jelaskanlah cara melakukan sesuatu
tentang kebersihan
§
Ceritakan kembali cerita yang didengar
§
Berikan tanggapan dan alasan dari cerita yang
dibacanya
§
Buatkanlah kalimat sesuai dengan gambar
§
Susunkanlah karangan berdasarkan gambar
§ Urutkan
gambar seri menjadi sebuah paragraf
· LKS
· Lmbar observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar