Jumat, 01 Maret 2013

RPP Kesehatan Kelas 3 sms 1



Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik


Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Kesehatan
Kelas/Semester     :  III / 1
Alokasi Waktu     :  2  minggu

I. Standar Kompetensi

I.
PKn


1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II.
IPS


1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah
dan sekolah

III.
Bahasa Indonesia


Mendengarkan


1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan


Berbicara



2.

4

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan
bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf
dan puisi

IV.
Matematika


2.
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah

V.
IPA


1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhiperubahan pada makhluk hidup


2
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
dan upaya menjaga kesehatan lingkungan


II. Kompetensi Dasar
1. PKn                                     : - Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan
    sehari-hari

2. IPS                                      : - Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

3. IPA                                     : - Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
  - Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
    dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
    perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat
    dan olah raga).
  - Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
    terhadap kesehatan

4. Matematika                         : - Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
5. Bahasa Indonesia                : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
    secara lisan
  - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
    secara lisan
  - Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
  masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
  kata yang tepat
- Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
  memperhatikan penggunaan ejaan

III. Tujuan Pembelajaran**
1. PKn                                     : - Siswa dapat menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya
                                                    menggalang persatuan dan kesatuan
2. IPS                                      : - Siswa dapat melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
3. IPA                                     : - Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan tempat
                                                     hidupnya
                                                  - Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan jenis
                                                     makanannya
                                                  - Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan penutup
                                                     tubuhnya
                                                  - Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan cara
                                                    bergeraknya
                                                  - Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan cara
                                                    berkembang biaknya
                                                  - Siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan cara
                                                    bernafasnya
                                                  - Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
                                                    pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
                                                  - Siswa dapat menjelaskan pentingnya makanan bergizi
                                                    seimbang untuk pertumbuhan
                                                  - Siswa dapat menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan
                                                    (zat aditif) terhadap tubuh
                                                  - Siswa dapat menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga,
                                                    istirahat dan  kesehatan
                                                  - Siswa dapat menyebutkan macam-macam pencemaran
                                                    lingkungan
                                                  - Siswa dapat mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
                                                  - Siswa dapat mengidentifikasi penyebab pencemaran air
                                                  - Siswa dapat mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
                                                  - Siswa dapat menyebutkan akibat pencemaran lingkungan
                                                     terhadap kesehatan


4. Matematika                         : - Siswa dapat menggunakan meteran kain, meteran saku,
                                                    penggaris untuk mengukur tinggi badan
                                                  - Siswa dapat menggunakan timbangan atau neraca untuk
                                                    menimbang berat badan

5. Bahasa Indonesia                : - Siswa dapat mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu
                                                    tentang kebersihan
                                                  - Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
                                                  - Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan dari cerita
                                                    yang dibacanya
                                                  - Siswa dapat membuat kalimat sesuai dengan gambar
                                                  - Siswa dapat menyusun karangan berdasarkan gambar
                                                  - Siswa dapat mengurutkan gambar seri menjadi sebuah
                                                    paragraf

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

IV.  Materi Pokok
      1.   PKn
·   Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
      2.   IPS     
·   Kerja sama di lingkungan rumah
      3.   IPA
·   Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·   Perubahan pada  makhluk hidup
·   Sifat-sifat benda
      4.   Matematika
·   Garis bilangan
·   Penjumlahan dan pengurangan
·   Perkalian dan pembagian
·   Uang
·   Alat ukur
·   Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
      5.   Bahasa Indonesia.
·   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·   Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·   Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·   Menjelaskan isi teks.

V. MetodE Pembelajaran                         
 1.  Informasi
 2.  Diskusi
 3.  Tanya jawab
 4.  Demontrasi
 5.  Pemberian tugas

VI. Langkah-langkah pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
Apresepsi:
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B.  Kegiatan Inti
Minggu  I
Pertemuan pertama  :  6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
PKn    
F Mengajak siswa untuk memperhatikan gambar :
1. Para remaja sedang berlatih cara membalut luka
                  2. Para remaja sedang menolong korban banjir
F Dilanjutkan dengan melakyukan tanya jawab dengan siswa mengenai gambar-gambar yang telah diamatinya. Pertanyaan sebagai berikut :
Siapa saja yang ditolong oleh PMR?
Bagaimana cara mereka menolong korban?
Apa akibatnya jika menolong korban dilakukan sendiri?
Matematika    
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Bahasa Indonesia
Aspek Mendengarkan :
F Guru membacakan petunjuk cara menjaga kebersihan kelas
F Siswa diminta menyampaikan penjelasan cara menjaga kebersihan kelas
F Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
IPS
F Mengajak siswa untuk mengamati gambar :
1.      Sampah dikumpulkan untuk diolah
2.      Sampah di sungai
3.      Penumpukkan sampah dinmana-mana, karena tidak ada TPA
F Mengajak siswa untuk mengamati gambar-gambar banjir di Bandung
Setelah pengamatan ini dilanjutkan tanya jawab dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut :
1.      Mengapa banjir seperti pada gambar bisa terjadi?
2.      Apa yabg akan kamu lakukan untuk mencegah agar bencana banjir tidak terjadi?
F Melakukan tanya jawab dan diskusi dengan siswa dengan memberikan pertanyaan
1.  Pernakah di daerahmu terjadi banjir?
2.  Bila pernah apa penyebabnya?
3.      Apa akibatnya bagimu?
Hasil diskusi dituliskan pada selembar kertas

Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
Aspek Mendengarkan :
F Guru membacakan cerita yang berjudul meniru yang baik
F Guru menyuruh siswa menyebutkan tokoh-tokoh dari cerita yang didengarnya
F Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
IPS
F Membagi siswa menjadi dua  kelompok untuk melakukan praktek kesadaran lingkungan
F Mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat kebersihan
a.    Kelompok satu : mengumpulkan sampah yang ada di lingkungan sekolah, memisahkan antara sampah kering dan sampah besar kemudian menguburkan sampah basah tersebut
b.  Kelompok dua : Menanam pohon di sekolah
F Membebaskan siswa untuk memilih tanaman yang akan ditanam dan memotivasi siswa agar selalu merawat tanaman tersebut
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mendengarkan pembacaan naskah drama
F Siswa mempraktekan pembacaan naskah drama
F Guru menyuruh siswa mengungkapkan pendapatnya tentang isi teks drama yang didengarkan
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
           IPA
F Setelah menyimak materi penggulongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel


Minggu  II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Setelah menyimak materi penggolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya, dan tempat hidupnya.
F Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel.
PKn
F Mempraktekkan cara membalut luka
F Mempraktekkan cara menolong kecelakaan/mushibah
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang

Pertemuan ke dua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menunjukkan gambar rambu-rambu lalu lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu-rambu lalu lintas
F Guru mengintruksikan siswa menggambar salah satu rambu lalu lintas
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu lalu lintas yang digambarnya
IPS
F Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kelurahan
F Guru mengajak siswa berkunjung ke kelurahan Balonggede
F Guru memberikan tugas pada siswa untuk mencatat data jumlah penduduk  mengenai kelahiran dan kematian di kelurahan Balonggede
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia                                     
F Guru memberikan dua buah gambar : 1. lingkungan kotor 2. lingkungan sehat
F Guru menyuruh siswa melengkapi kalimat sesuai dengan gambar
F Guru menyuruh siswa untuk memberikan saran terhadap kedua gambar tersebut
IPA
F Meminta siswa mengmti photo seorang anak dari usia balita hingga dewasa, siswa diminta menjelaskan perubahan yang terjadi dari usia balita hingga dewasa
F Secara kuantitatif guru dapat menunjukkan grafik di dalam KMS. Guru meminta siswa menyerahkan KMS yang dibawa siswa, kemudian guru menggambarkan grafik tinggi dan berat badan seperti yang ada di dalam KMS siswa
F Siswa diminta mencari informasi tentang bermacam-macam vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut
F Berdiskusi tentang pertumbuhan dua orang anak yang berbeda tingkat kesehatannya. Permasalahan yang perlu didiskusikan :
1.      Bagaimana pertumbuhan anak yang sakit?
2.      Bagaimana pertumbuhan anak yang sehat?
3.      Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesehatan anak?
4.      Pola makan bagaimana yang paling baik agar tumbuh sehat?
Setelah diskusi siswa diminta mengungkapkan pendapatnya.
Matematika
F Tanya jawab  tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter
F Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya
F Membahas cara membulatkan suatu bilangan
F Mendiskusikan hubungan satuan km,m,dm dan cm
F Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang
Pertemuan keempat
Bahasa Indonesia
Aspek Menulis
F Guru memberikan tiga buah gambar seri
F Guru menyuruh siswa untuk membuat kalimat sesuai dengan gambar
F Kemudian siswa menyusun karangan berdasarkan gambar
F Siswa mengurutkan tiga buah gambar seri menjadi sebuah paragraf
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.

Pertemuan kelima 2 x 35 menit (Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.

Pertemuan keenam 2 x 35 menit (Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari
F Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan
F Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg, ons, gram)
F Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

VIi. Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar
 1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan
 2. Buku IPA
 3. Buku Matematika
 4. Buku Bahasa Indonesia
 5. Buku IPS
 6. Eksiklopedia
 7. Kamus Bahasa Indonesia
 8. Pedoman EYD
 9. Koran dan majalah
10. Media elektronik

Alat Peraga
1.   Gambar kenampakan alam
2.   Gambar kenampakan buatan
3.   Gambar peristiwa alam
4.    Teks drama
5.    Contoh/tanda rambu-rambu lalu lintas
6.    Pesawat telepon mainan
7.    Benda padat dan cair

VIII. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. PKn :
§ Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya        menggalang persatuan dan kesatuan
2. IPS :
§ Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
3. IPA :
§ Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
§ Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
§ Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
§ Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
§ Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
§ Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
§ Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
§ Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
§ Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
§ Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
§ Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
§ Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
§ Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
§ Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
§ Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
4. Matematika  :
§ Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
§ Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan
5. Bahasa Indonesia :
§  Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
§ Menceritakan kembali cerita yang didengar
§ Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
§ Membuat kalimat sesuai dengan gambar
§ Menyusun karangan berdasarkan gambar
§ Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
1. PKn :
§ Sebutkan kegiatan pramuka yang berupaya           menggalang persatuan dan kesatuan
2. IPS :
§ Jelaskanlah cara melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
3. IPA :
§ Jelaskanlah cara menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
§ Jelaskanlah cara menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
§ Jelaskanlah cara menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
§ Jelaskanlah cara menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
§ Jelaskanlah cara menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
§ Jelaskanlah cara menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
§ Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
§ Jelaskanlah pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
§ Jelaskanlah hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
§ Sebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
§ Jelaskanlah penyebab pencemaran tanah
§ Jelaskanlah penyebab pencemaran air
§ Jelaskanlah penyebab pencemaran udara
§ Sebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
4. Matematika  :
§ Jelaskanlah cara menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
§ Jelaskanlah cara menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan
5. Bahasa Indonesia :
§  Jelaskanlah cara melakukan sesuatu tentang    kebersihan
§ Ceritakan kembali cerita yang didengar
§ Berikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
§ Buatkanlah kalimat sesuai dengan gambar
§ Susunkanlah karangan berdasarkan gambar
§ Urutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf
·   LKS
·   Lmbar observasi.


v   Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar