Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
4. Matematika
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman
secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya
Keterampilan
- Seni Musik : Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
- Seni Tari : Mengekspresikan diri melalui karya seni tari .
Kompetensi Dasar :
1. PKn
·
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi
dan tolong menolong.
·
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti
dunia tumbuhan dan dunia hewan.
2. IPS
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
.3. IPA
·
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
4. Matematika
·
Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
- Menceritakan kegiatan sehari-hari
·
Menyimpulkan
isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·
Menulis
kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.
Seni Budaya Keterampilan.
- Mengungkapkan perasaan yang dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
- Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
- Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari
I. Tujuan
Pembelajaran****:
Siswa
dapat :
·
Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah.
·
Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
·
Menyebutkan
contoh saling berbagi di rumah
·
Mengeidentifikasi lingkungan alam
·
Mengidentifikasi lingkungan buatan
·
Menceritakan lingkunganalam sekitar.
·
Menjelaskan
pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan
cara memelihara koleksi barang keluarga
·
Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·
Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
·
Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
·
Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
·
Membaca jam digital
·
Membuat gambar jam dan
menentukan letak jarum jam
·
Mengatur letak jarum jam
·
Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum
jam
·
Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·
Menyatakan
lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
·
Mendengarkan
pesan teks pendek yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Mendengarkan lagu.
·
Menyanyikan lagu
·
Menceritakan gambar berseri.
·
Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·
Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.
·
Membaca teks dengan bersuara.
·
Meringkas isi bacaan.
·
Menyusun kalimat menjadi cerita.
·
Menulis
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menyalin
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menggunakan huruf capital.
·
Membedakan
bunyi alam dan bautan.
·
Menyebutkan sumber bunyi alam.
·
Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat
kesulitan
·
Menjelaskan
dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hidup
gotong royong.
·
Dokumen
pribadi dan keluarga
·
Peristiwa
penting.
·
Manfaat
dokumen.
·
Bagian
utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat
benda
·
Perubahan
wujud benda
·
Alat
ukur waktu
·
Mendengarkan
teks pendek.
·
Percakapan
·
Melengkapi
kalimat.
·
Menulis
pengalaman
·
Menulis
kalimat dengan huruf indah
·
Gerakan
meniru alam
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu
ke 1
Pertemuan pertama :
3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang waktu
diharapakan siswa dapat membaca dan menunjukkan waktu tepat dan setengah
F Guru membacakan pesan pendek diharapkan
siswa dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut dengan
kalaimat sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit
( Matematika,IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam.
F Dengan penjelasan guru tentang pentingnya memelihara
dokumen diri dan keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membaca jam digital dengan benar.
F Mendengarkan dan menyanyikan lagu,
menyusun kalimat berdasarkan gambar dengan kalimat sederhana.
F Mendemontrasikan atau memperagakan percakapan dengan kalimat
ajakan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 2 x 35 menit. ( B. Indonesia, PKn )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang ciri-ciri
binatng di harapkan siswa depat menjawab teka-teki tumbuhan dan binatang.
F Melalui penjelasan guru tentang hidup
rukun siswa dapat menyebutkan contoh hidup rukun kemudian mendiskusikannya dengan teman sehingga dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks dengan bersuara kemudian
menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita
teks tersebut.
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa
dapat memberikan contoh dokumen diri dan keluarga seperti raport, akte kelahiran, surat nikah.
F Guru menjelaskan bagian-bagian utama
tumbuhan dan hewan..
F Membuat gambar jam serta menulis tanda waktu yang
ditunjukkan jarum jam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum
jam .
F Menceritakan dan meringkas isi bacaan.
F Melalui percobaan dan pengamatan siswa
dapat menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
F Melalui penjelasan guru tentang bunyi alam
dan buatan diharapkan siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan serta menyebutkan seumber
bunyi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35
menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
dapat menggunakan jam dalam kegiatan sehari-hari.
F Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut ditulis dalam
bentuk tulisan yang indah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x
35 menit (Matematika, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa
dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh alam.
F Melalui penjelasan guru tentang manfaat
dan cara memelihara dokumen , merawat
serta menjaga koleksi
diharapkan siswa dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa
dapat membaca waktu yang dtunjukkan oleh alam .
F Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda baca
titik, dan bentuk huruf yang indah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x
35 menit (B. Indonesia, PKn )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis pengalam sendiri dengan menggunakn huruf tegak
bersambung.
F Menyususn kata menjadi kalimat .
Contoh
: membaca – ayah – koran – sedang .
Ayah sedang membaca koran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi kelompok diharapkan siswa
dapat mengidentifikasin lingkungan alam dan buatan serta menceritakan
lingkungan sekitar.
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x
35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru untuk
mengelompokkan tumbuhan berdasarkan bunganya.
F Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan
dalam salah satuan jam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kalimat dengan menggunakan huruf
kapital , dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.
F Mendiskusikan cara memelihara koleksi barang keluarga dan
dokumen.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA,
SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan
dalam satuan jam ( 1 jam = 60 menit , 1 menit = 60 detik )
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf sambung , memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
F Gerakan tari meniru alam seperti pmemperagakan proses
kembangnya tanaman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan bagian-bagian utama tumbuhan
berdasarkan bunganya.
F Siswa dapat memperagakan gerak tari sesuai dengan
tingkat kesulitannya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2
Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku
relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD
, Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2
Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
·
Alat
Peraga :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar
tanaman dan binatang
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
·
Menyebutkan
contoh hidup rukun di rumah.
·
Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
·
Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
·
Mengeidentifikasi lingkungan alam
·
Mengidentifikasi lingkungan buatan
·
Menceritakan lingkunganalam sekitar.
2. IPS :
·
Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi
barang keluarga.
·
Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
3.
IPA :
·
Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·
Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
4. Matematika :
·
Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
·
Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
·
Membaca jam digital
·
Membuat gambar jam dan
menentukan letak jarum jam
·
Mengatur letak jarum jam
·
Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh
jarum jam
·
Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·
Menyatakan
lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan
pesan teks pendek yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Mendengarkan lagu.
·
Menyanyikan lagu
·
Menceritakan gambar berseri.
·
Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·
Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.
·
Membaca teks dengan bersuara.
·
Meringkas isi bacaan.
·
Menyusun kalimat menjadi cerita.
·
Menulis
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menyalin
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menggunakan huruf capital.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan
:
·
Membedakan
bunyi alam dan bautan.
·
Menyebutkan sumber bunyi alam.
·
Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat
kesulitan
·
Menjelaskan
dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn
:
·
Sebutkanlah
contoh hidup rukun di rumah.
·
Sebutkanlah
contoh hidup rukun di sekolah..
·
Sebutkanlah
contoh saling berbagi di rumah
·
Jelaskanlah lingkungan alam
·
Jelaskanlah lingkungan buatan
·
Ceritakanlah lingkunganalam sekitar.
2. IPS :
·
Jelaskanlah pentingnya memlihara koleksi
barang keluarga.
·
Ceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
3.
IPA :
·
Tunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·
Keglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
4. Matematika :
·
Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu tepat.
·
Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu setengah
·
Bacakanlah jam digital
·
Membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam
·
Tuliskanlah tanda waktu yang ditunjukkan oleh
jarum jam
·
Gunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·
Tunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·
Jelaskanlah lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
5. Bahasa Indonesia :
·
Jawablah
pesan teks pendek yang dibacakan guru
·
Ceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Nyanyikan lagu
·
Ceritakan gambar berseri.
·
Jelaskanlah cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·
Jawablah teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.
·
Bacakanlah teks dengan bersuara.
·
Ringkaslah isi bacaan.
·
Menyusun kalimat menjadi cerita.
·
Tuliskanlah
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Salinlah
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Gunakan huruf capital.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan
:
·
Bedakan
bunyi alam dan bautan.
·
Sebutkan sumber bunyi alam.
·
Kelompokkan gerak tari sesuai tingkat
kesulitan
·
Jelaskanlah dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan
tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
|
Peatalatan
menggunakan listrik
|
Peralatan
tidak menggunakan listrik
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
|
R
|
Pakaian
|
|
Celana
|
|
Handuk
|
|
TV
|
|
Kasur
|
|
Topi
|
|
Lemari es
|
|
Komputer
|
|
Tas
|
|
v
Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP/NIK : -
|
PPAI Kec.
NIP.
|
, ………………2011
Guru Tematik Kelas
II
NIP/NIK : -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar