Jumat, 01 Maret 2013

RPP Tempat Umum Kelas 2 sms 1



Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     : 
Tema                    :  Tempat Umum
Kelas/Semester     :  II / 1
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                   
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                                
·       Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                       
·       Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                 
·         Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                         
·         Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                         
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                             
·          Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Musik                  :   Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
  • Keterampilan               :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.

Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
·         Melaksanakan hidup rukun saling berbagi  dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
2.   IPS
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
.3.   IPA
·         Mengidentifikasi  berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya )
·         Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
4.   Matematika
·         Menggunakan alat   ukur berat
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
5.      Bahasa Indonesia
·         Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·         Mendeskripsikan isi puisi
·         Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
·         Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·         Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.
6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·         Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
·         Membuat cat pewarna dari bahan alam.

I.    Tujuan Pembelajaran****:
      Siswa dapat  :
·         Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·         Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·         Menceritakan manfaat hidup tolong menolong.
·         Menceritakan pengalaman penting  yang  menyenangkan di sekolah.
·         Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
·         Mengidentifikasi tempat hidup hewan
·         Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan.
·         Mengelompokkan hewan yang hidup di air.
·         Mengelompokkan hewan  yang hidup di darat
·         Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
  • Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
  • Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
  • Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·         Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
·         Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·         Menimbang benda dengan kedua tangan.
·         Menimbang benda dengan timbangan dari kayu.
·         Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·         Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku
·         Mengukur berat benda dengan satuan baku.
·         Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
·         Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·          Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·         Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·         Menjelaskan isi puisi
·         Memperagakan percakapan
·         Menjawab pertanyaan isi percakapan.
·         Membuat percakapan
·         Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Mengajukan pertanyaan bacaan,
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi..
·         Menyususn kalimat menjadi cerita
·         Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·         Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·         Menyanyikan lagu wajib dengan iringan  alat musik ritmis.
·         Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·         Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·         Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando.
·         Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·         Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hidup gotong royong.
·         Dokumen pribadi dan keluarga
·         Peristiwa penting.
·         Manfaat dokumen.
·         Bagian utama tumbuhan dan hewan
·         Sifat benda
·         Perubahan wujud benda
·         Alat ukur panjang tidak baku dan baku.
·         Mendengarkan teks pendek.
·         Puisi
·         Membaca bersuara
·         Melengkapi kalimat.
·         Menulis pengalaman
·         Menulis kalimat dengan huruf indah
·         Seni musik
·         Menyanyikan lagu
·         Pembuatan cat.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
Minggu ke 1

      Pertemuan pertama  :  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak sebuah cerita
F penjelasan guru tentang membandingkan berat benda
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak sebuah cerita yang dibacakan guru , kemudian menyalinnya ke dalam stulisan apa yang didengarnya.
F Melalui penjelasan guru tentang membandingkan berat benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, dan sama berat diharapkan siswa dapat memperagakannya dengah benar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyelesaikan soal tentang perbandingan berat benda lebih ringan lebih berat.
F Setelah menyimak bacaan guru, siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.
F Dengan penjelasan guru tentang peristiwa penting yang pernah dialami seseorang baik itu menyenangkan maupun tidak menyenangkan, diharapkan siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri  yang menyenangkan di sekolah.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat mempraktekkan cara menimbang benda dengan kedua tangan
F Setelah mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali dengan bahansa sendiri.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  3 x 35 menit ( B.Indonesia ,PKn , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang lingkungan alam siswa dapat menyebutkan contoh lingkungan alam siswa dapat menyebutkan contoh l;ingkungan alam seperti : pegunungan, lautan, sungai, dsb.
F Memperagakan pembacaan puisi di depan kelas.
F Menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang dibaca.
F Melalui penjelasan guru tentang tempat hidup makhluk hidup diharapkan siswa dapat mengidentifikasi tempat hidup hewan dan tumbuhan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyimak , menafsirkan, dan menjelasakna isi puisi yang dibacakan oleh teman.
F Melalui penjelasan guru, diharapkan siswa dapat memberikan tanggapan positif terhadap cerita yang disampaikan teman.
F Menjelaskan cara  penimbangan dengan menggunakan dua tangan dan timbangan kayu.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam   4  x 35 menit  (Matematika , IPS, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjaakan soal yang berhubungan dengan penimbangan.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menngelompokkan hewan yang hidup di air.
F Melalui contoh yang dinyanyikan guru siswa dapat menyanyikan lagu dengan syair yang benar serta diiringi alat musik ritmis.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2

    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan cara menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku dan timbangan yang baku.
F Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang baik dan tepat.
F Melalui penjelasan guru tentang cara menyampaikan maksud bertamu dengan mengguankan kalimat yang sopan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktekannya  delam mengerjakan soal.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (, Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan isi puisi dan menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mempraktekkan cara menimbang benda mengguankan timbangan tidak baku.
F Melalui penugasan siswa dapat menceritakan pengalaman penting yang tidak menyenangkan di sekolah.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke tiga    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru  tentang cara mengukur berat benda diharapkan siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan tak baku  kg, ons.
F Melakukan percakapan dengan teman sebangku.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


     Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  ( PKn,  B. Indonesia, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang tolong menolong sesama teman atau sesama manusia yang membutuhkan dengan cara mengadakan bakti sosial.
F Siswa membuat percakapan yangbberisikan pertanyaan dan jawaban
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat mengelompokkan hewan yang hidup di darat dan di laut/air.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  ( B. Indonesia,  IPS, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis puisi kemudian dideklamasikan di depan kelas dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
F Setelah mnceritakan pengalaman siswa yang lain menanggapi baik positif maupun negatif terhadap pengalaman temannya.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan baku dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke enam   4  x 35 menit ( Matematika, IPA , SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F siswa dapat Menjelaskan berat benda.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat mengelompokkan hewan yang hidup di dua alam.
F Mengelompokkan tumbuhan yang yang hidup di darat, air, tumbuh pada tumbuhan lain.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menampilkan hasil peragaan dinamik .
F Menunjukkan panjang pendek nada pada akhir lagu.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan




Minggu ke 3

Pertemuan pertama    3  x 35 menit ( Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke dua    3  x 35 menit ( IPS, B. Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengarkan  pengalaman teman / cerita pengalaman teman , siswa dapat memberikan pesan dan saran untuk teman yang mempunyai cerita yang tidak menyengankan
F Membaca puisi dengan ekspresi yang tepat .
F Dilanjutkan dengan menceritakan isi puisi.
F Menjelaskan alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit (Matematika,B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyelesaikan soal mengenai alat ukur berat sesuai dengan benda yang diukur.
F Menyusun kalimat menjadi cerita yang baik dengan bantuan gambar.
F Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat    3  x 35 menit (PKn, B. Indonesia, IPA  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan mengadakan kegiatan  bakti sosial secara langsung siswa dapat menceritakan manfaat hidup tolong menolong .
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan tidak lupa huruf kapital pada awal kalimat .
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke lima    3  x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan tanda baca.
F Dengan penjelasan gurudiharapkan siswa dapat memberikan saran untuk teman yang mempunyia cerita tidak menyenangkan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke enam    4  x 35 menit (Matematika, IPA,  SBK  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan benda padat yang ada disepanjang jalan.
F Melalui penjelasan guru kemudian dipraktekkan secara langsung untuk mengatur komposisi bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam
F Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan perbandingan dan berat benda.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.

·         Alat Peraga  :
F Alat ukur ( meteran, mistar )
F Gambar  tanaman dan binatang
F Foto peristiwa penting, ( menyenangkan, tidak menyenangkan ).
F Bahan cat alami

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.  PKn :
·         Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·         Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·         Menceritakan manfaat hidup tolong menolong.
2.   IPS :
·         Menceritakan pengalaman penting  yang  menyenangkan di sekolah.
·         Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
3.   IPA  :
·         Mengidentifikasi tempat hidup hewan
·         Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan.
·         Mengelompokkan hewan yang hidup di air.
·         Mengelompokkan hewan  yang hidup di darat
·         Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
  • Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air
  • Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
  • Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
  • Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·         Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
4.    Matematika  :
·         Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·         Menimbang benda dengan kedua tangan.
·         Menimbang benda dengan timbangan dari kayu.
·         Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·         Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku
·         Mengukur berat benda dengan satuan baku.
·         Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
·         Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.
5.   Bahasa Indonesia  :
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·          Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·         Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·         Menjelaskan isi puisi
·         Memperagakan percakapan
·         Menjawab pertanyaan isi percakapan.
·         Membuat percakapan
·         Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Mengajukan pertanyaan bacaan,
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi..
·         Menyususn kalimat menjadi cerita
·         Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  • Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
6    Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·         Menyanyikan lagu wajib dengan iringan  alat musik ritmis.
·         Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·         Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·         Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando.
·         Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·         Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 1.  PKn :
·         Peragakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·         Peragakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·         Ceritakan manfaat hidup tolong menolong.
2.   IPS :
·         Ceritakan pengalaman penting  yang  menyenangkan di sekolah.
·         Ceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
3.   IPA  :
·         Jelaskanlah tempat hidup hewan
·         Jelaskanlah tempat hidup tumbuhan.
·         Kelompokkan hewan yang hidup di air.
·         Kelompokkan hewan  yang hidup di darat
·         Kelompokkan hewan yang hidup di pohon
  • Kelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
  • Kelompokkan tumbuhan yang hidup di air
  • Kelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
  • Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
  • Sebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·         Sebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.
4.    Matematika  :
·         Bandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·         Timbangkanlah benda dengan kedua tangan.
·         Timbangkanlah benda dengan timbangan dari kayu.
·         Timbangkanlah benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·         Hukurkanlah berat benda dengan timbangan yang baku
·         Hukurkanlah berat benda dengan satuan baku.
·         Naksirkanlah berat benda dengan satuan yang sesuai.
·         Pilihkanlah alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·         Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat.
5.   Bahasa Indonesia  :
·         Jelaskanlah teks pendek ?
·         Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Jelaskanlah tentang isi puisi
·         Nafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·         Jelaskanlah isi puisi
·         Memperagakan percakapan
·         Buatkanlah percakapan
·         Jelaskanlah puisi dengan ekpresi yang tepat.
·         Bacakanlah teks dengan bersuara.
·         Ceritakan kembali isi bacaan.
·         Jelaskanlah tentang puisi
·         Ceritakan isi puisi..
·         Susunkanlah kalimat menjadi cerita
·         Salinkanlah kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  • Gunakanlah huruf capital dalam kalimat.
6    Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Nyanyikanlah lagu dengan syair yang benar.
·         Nyanyikanlah lagu wajib dengan iringan  alat musik ritmis.
·         Tampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·         Tunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·         Tunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando.
·         Jelaskanlah Cara Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·         Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan alam.

·   LKS
·   Lmbar observasi.


v Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


            2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah





NIP/NIK : -
PPAI Kec.





NIP
,………..2011
Guru Tematik Kelas II





NIP/NIK : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar