Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.
IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi,
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah.
5. Bahasa Indonesia :
R Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan gambar, percakapan
sederhana
dan dongeng.
R Membaca : Memahami
teks pendek dengan membaca lancar
dan
membaca puisi anak.
R Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan:Mengapresiasi
karya seni musik.
Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mendeskripsikan letak rumah
2. IPA :
·
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak (
baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
3. PKn :
·
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
4. Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
·
Menyebutkan isi
dongeng.
Berbicara
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang
disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
·
Memeragakan dinamik sederhana
·
Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik,
atau sumber bunyi sederhana. .
I. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat :
·
Menggambar denah rumah sendiri
·
Menjelaskan denah rumah sendiri.
·
Menyebutkan
alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·
Menyebutkan
energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyebutkan energi alternative yang digunakan
oleh masyarakat.
·
Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota
keluarga.
·
Menjelaskan
jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
·
Melaksanakan piket sesuai dengan jadw
·
Mengurangkan
bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·
Mengurangkan
2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan
10.
·
Mengurangkan
2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang mengandung pengurangan
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan
·
Meniru
atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·
Menentukan
nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Mendeskripsikan
benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·
Mendengarkan
dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi
dongeng.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Melakukan
percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman
dengan bimbingan guru.
·
Bermain
peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek
dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menunjukkan
kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·
Menunjukkan
dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
·
Menunjukkan
dengan menyuarakan bagian melodi glissando
·
Menyanyikan
lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
·
Mengungkapkan
perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.
·
Mendengarkan kakawihan yang dinyanyikan guru
·
Mengikuti kakawihan yang dicontohkan guru.
·
Menyanyikan kakawihan secara klasikal maupun
individual.
·
Menyanyikan
kakawihan di hadapan siswa lain.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Tata
tertib
·
Denah
rumah
·
Energi
listrik dan kegunaanya.
·
Oprasi hitung bilangan.
·
Deskripsi
benda.
·
Dongeng.
·
Bermain
peran
·
Membaca
nyaring.
·
Menyalin
kalimat
·
Mel;engkapi
kalimat.
·
Kesesuaian
gerak dan iringan lagu.
·
Lagu
anak dan lagu wajib..
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti
:
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan terhadap model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga
yang menggunakan energi
listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
F Mengelompokkan alat rumah tangga yang
menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
F Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang
tidak menggunakan energi listrik.
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara
kelompok.
F Melalui tanya jawab siswa menyebutkan tugas-tugas setiap
anggota keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan pengamatan siswa membandingkan
tugas anggota keluarga ( ayah, ibu dan anak.)
F Mengisi daftar tugas yang selalu
dilaksanakan di rumah.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2
angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang
bilangan 2 angka dengan 1 angka cara
bersusun pendek.
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang
mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana
kemampuan siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati benda yang ditunjukkan guru.
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru
tentang benda tersebut.
F Dengan bimbingan guru murid dapat
mendeskripsikan benda .
F Siswa mencari benda lain dan menyampaikan
deskripsinya dengan bahasa sendiri.
F Melalui Contoh gambar denah ruangan (
rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
F Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang
sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memajang hasil karya denah rumah.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2
angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang
bilangan 2 angka dengan 1 angka cara
bersusun pendek.
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang
mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana
kemampuan siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak uraian deskripsi sebuah benda.
F Dengan uraian deskripsi guru, siswa dapat
menyebutkan nama benda berdasarkan ciri-cirinya.
F Siswa menguraikan deskripsi benda dan
siswa lain menyebutkan nama bendanya.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2
angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang
bilangan 2 angka dengan 1 angka cara
bersusun pendek.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang
mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk
melihat sejauh mana kemampuan siswa.
F Secara bergiliran siswa mengerjakan di
papan tulis.
F Melalui pengamatan terhadap model, siswa dapat menunjukkan alat rumah
tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
F Mengelompokkan alat rumah tangga yang
menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
F Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang
tidak menggunakan energi listrik.
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang bertemakan
lingkungan.
F Menyimak penjelasan guru tentang
pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
F Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh
dalam dongeng.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam
dongeng yang disukai.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka
kedua bilangan kelipatan 10 di papan tulis.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak penjelasan guru tentang
pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
kelipatan 10.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara individu mengerjakan soal 10 nomer
pada buku latihan masing-masing.
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita
dalam dongeng.
F Menceritakan isi
dongeng dengan bahasa sendiri.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui Contoh gambar denah ruangan (
rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
F Dengan bimbingan guru siswa membuat denah
rumah yang sederhana.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan yang sesuai dengan
tepukan
F Memeragakan tepukan atau gerakan sesuai
dengan lagu.
F Setelah mendengarkan dongeng siswa
menyebutkan tokoh dan sifat dari tokoh dongeng
F Memajang hasil karya denah rumah
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita
dalam dongeng.
F Menceritakan isi
dongeng dengan bahasa sendiri.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Memberi
tanda bila kewajiban itu sudah dilaksanakan dengan baik.
F Menyimak penjelasan guru tentang
pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan
10.
F Melalui penjelasan dan pengamatan siswa
menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2
bilangan 2 angka kedua bilangan bukan
kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kegunaan dari energi matahari,
energi listrik, dan energi panas.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara
berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan
kelas.
F Melalui cerita, guru memberikan motivasi
kepada siswa agar menceritakan tugas yang pernah dilaksanakan sebagai murid.
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan
beberapa contoh kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang murid.
F Menuliskan kewajiban-kewajiban seorang
murid di SD Assalaam Bandung.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan
angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka
kedua bilangan bukan kelipatan 10 di
papan tulis.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberi tanda bila kewajiban itu sudah
dilaksanakan dengan baik.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan
kembali tokoh dan jalan ceritanya.
F Dengan bimbingan guru, siswa secara
bergiliran menjelaskan denah rumah yang
telah selesai dibuat.
F Menyimak penjelasan guru tentang
pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita
dalam dongeng.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa
yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan
angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal
pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan
yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana.
F Melalui penjelasan dan pengamatan siswa
menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
F Menyimak penjelasan guru tentang
pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan
teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan
suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk
memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan
teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari
percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa
yang melakukan percakapan dengan baik.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan
angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal
pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis.
F Menyebutkan kegunaan dari energi matahari,
energi listrik, dan energi panas.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara
berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan pembagian peran untuk tiap
kelompok.
F Mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan
guru.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal
pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan
angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal
pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis.
F Menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan
dalam dongeng tersebut.
F Bermain peran dengan percaya diri sesuai
dengan tokoh yang dibawakannya.
F Menampilkan cerita dongeng dengan peran masing-masing.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan teks pendek ( wacana pendek)
yang ditulis di papan tulis.
F Menyimak penjelasan guru tentang cara
membaca dan melafalkan wacana tersebut.
F Membaca teks pendek dengan intonasi yang baik dengan
bimbingan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita
dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama
untuk melihat kemampuan siswa.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dari teks pendek tersebut
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (SBK, B Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukkan dengan menyuarakan bagian
melodi glissando.
F Menyanyikna lagu sesuai dengan dinamik.
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan
tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
F Membaca wacana tersebut dengan suara
nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa
mengetahui tempat jeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara berkelompok, individu, dan kalsikal
menyanyikan lagu dengan baik.
F Memperhatikan tek/wacana yang telah
disediakan.
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Dengan bimbingan guru, siswa secara
bergiliran menjelaskan denah rumah yang
telah selesai dibuat.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa
yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak soal cerita sedrhana yang disampaikanguru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi siswa menyebutkan tenaga
alternatif sebagai pengganti tenaga listrik.
F Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok.
F Melakukan tanya jawab.
F Sebagai bukti siswa mempunyai kewajiban di
sekolah, siswa melaksanakan tugas piket.
F Melakukan pembagian tugas tiap kelompok
piket sesuai dengan jadwal piket nya.
F Melakukan piket dengan kerjasama yang baik.
F Menunjuk salah satu siswa dari tiap
kelompok piket untuk dijadikan pemimpinnya.
F Melakukan percakapan / dialog sederhana
sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita
dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan
siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks penggalan cerita tersebut
dengan suara nyaring
F Membaca penggalan cerita dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan
dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara klasikal, kelompok, maupun individual
F Dengan bimbingan guru, siswa secara
bergiliran menjelaskan denah rumah yang
telah selesai dibuat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang
telah tersedia.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa
yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
F Menyimak soal cerita sederhana yang disampaikan guru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita
dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat
kemampuan siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang
tepat.
F Membaca wacana tersebut dengan suara
nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa
mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya ( sesuai tema )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah
disediakan.
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan
menggunakan bahasa sendiri.
F Menyimak soal cerita sedrhana yang disampaikanguru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita
dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama
untuk melihat kemampuan siswa.
F Melalui diskusi siswa menyebutkan tenaga
alternatif sebagai pengganti tenaga listrik.
F Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok.
F Melakukan tanya jawab.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari
kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih
menulis tegak bersambung yang benar
dengan memperhatikan huruf kapital yang
tepat.
F Memperhatikan beberapa kalimat yang
disediakan guru pada papan tulis
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis
dengan tulisan lepas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis
huruf lepas dengan bentuk huruf yang
benar.
F Menyimak soal cerita sedrhana yang disampaikanguru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita
dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat
kemampuan siswa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, B.Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan
menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih
menulis tegak bersambung yang benar
dengan memperhatikan huruf kapital yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama
untuk melihat kemampuan siswa.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari
kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Memperhatikan beberapa kalimat yang
disediakan guru pada papan tulis
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan
tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengungkapkan perasaan yang dialami
tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.
F Membaca tulisan sendiri dari
kalimat-kalimat yang telah didiktekan
F Dengan bimbingan guru, siswa secara
bergiliran menjelaskan denah rumah yang
telah selesai dibuat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
F Menyimak
kalimat yang didiktekan guru
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dengan tulisan tegak bersambung
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa
yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit
Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
F Gambar denah rumah .
F gambar benda/ alat rumah tangga yang
menggunakan listrik..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Gambar atau model langsung dari alat rumah
tangga yang tidak menggunakan listrik.
F harmonika.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Menggambar denah rumah sendiri
·
Menjelaskan denah rumah sendiri.
2.
IPA :
·
Menyebutkan
alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·
Menyebutkan energi yang paling banyak
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyebutkan energi alternative yang digunakan
oleh masyarakat.
3.
PKn :
·
Membandingkan tugas dan kewajiban setiap
anggota keluarga.
·
Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di
sekolah.
·
Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal.
4.
Matematika
:
·
Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka
cara bersusun pendek.
·
Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
kelipatan 10.
·
Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan
bukan kelipatan 10.
·
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung
pengurangan
·
Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan
pengurangan
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda
sesuai deskripsi guru
·
Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru
sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Mendeskripsikan benda-benda lain dengan
bimbingan guru.
·
Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi
dongeng.
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan
kalimat sendiri.
·
Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai
dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·
Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh
yang dibawakannya.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca denag memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan
menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan
dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·
Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau
gerakan sesuai dengan lagu.
·
Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi
glissando
·
Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda
dinamiknya.
·
Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang
perubahan dinamik pada lagu secara
lisan.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1.
IPS :
·
Gambarkanlah denah rumah sendiri
·
Jelaskan denah rumah sendiri.
2.
IPA :
·
Sebutkan
alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·
Sebutkan energi yang paling banyak digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Sebutkan energi alternative yang digunakan
oleh masyarakat.
3.
PKn :
·
Bandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota
keluarga.
·
Jelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di
sekolah.
·
Laksanakanlah piket sesuai dengan jadwal.
4.
Matematika
:
·
Bagaimana cara mengurangkan bilangan 2 angka
dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·
Bagaimana cara mengurangkan 2 bilangan 2 angka
kedua bilangan kelipatan 10.
·
Bagaimana cara mengurangkan 2 bilangan 2 angka
kedua bilangan bukan kelipatan 10.
·
Selesaikan soal cerita yang mengandung
pengurangan
·
Bagaimana cara memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan
pengurangan
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Jelaskanlah meniru atau mengulang deskripsi
benda-benda sesuai deskripsi guru
·
Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru
sesuai dengan cirri-cirinya.
·
Jelaskanlah benda-benda lain dengan bimbingan
guru.
·
Sebutkan tokoh dalam dongeng
·
Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam
dongeng.
·
Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat
sendiri.
·
Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai
dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·
Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya
diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·
Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
·
Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan
tempat jeda pendek dan panjang.
·
Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan
lafal dan intonasi yang benar.
·
Bagaimana cara Membaca denag memberikan
penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar
dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak
bersambung.
·
Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan huruf sambung.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Tunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan
dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·
Tunjukkan dengan memeragakan tepukan atau
gerakan sesuai dengan lagu.
·
Tunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi
glissando
·
Nyanyikanlah lagu sesuai dengan tanda
dinamiknya.
·
Bagaimana cara mengungkapkan perasaan yang
dialami tentang perubahan dinamik
pada lagu secara lisan.
|
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
........................
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan
tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
|
Peatalatan
menggunakan listrik
|
Peralatan
tidak menggunakan listrik
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama
Benda
|
R
|
Pakaian
|
|
Celana
|
|
Handuk
|
|
TV
|
|
Kasur
|
|
Topi
|
|
Lemari es
|
|
Komputer
|
|
Tas
|
|
VII. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI
…….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar