Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS :
Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains :
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah.
5. Bahasa Indonesia :
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
·
Membaca
: Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi
anak.
·
Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak
bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan :
Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mendeskripsikan letak rumah .
2. IPA :
·
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak (
baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet).
3. PKN :
·
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5. Bahasa Indonesia :
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang
sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris
dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
6.Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek.
I. Tujuan
Pembelajaran** :
Siswa
dapat :
·
Menjelaskan
arti kewajiban.
·
Menyebutkan
kewajiban anak di rumah
·
Menjelaskan
kewajiban setiap anggota keluarga
·
Menyebutkan
nama ruang dalam rumah
·
Menyebutkan
fungsi tiap ruang dalam rumah
·
Melakukan
percobaan sumber energi gerak
·
Membuktikan
adanya sumber energi gerak, panas, dan listrik
·
Menyebutkan
kegunaan energi panas, gerak, dan
listrik,
·
Menyebutkan
alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
·
Menjumlah
2 bilangan 2 angka
·
Menjumlah
2 bilangan 2 angka yang salah satunya
kelipatan 10.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang mengandung penjumlahan.
·
Mengurangkan
bersusun 2 bilangan 1 angka.
·
Mengurangkan
bilangan 2 angka dengan 1 angka tanpa teknik meminjam.
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Melakukan
percakapan/ dialog sedrhana dengan teman di depan kelas.
·
Membaca
teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·
Membaca
dengan tempat jeda panjang dan pendek.
·
Membaca
penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·
Membaca
dengan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
·
Membaca
puisi /syair lagu dengan benar dan indah
·
Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi serta gerak dan mimik yang sesuai.
·
Menuliskan
kembali kalimat dengan huruf lepas dari
buku atau papan tulis
·
Menuliskan
kalimat dengan benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung.
·
Menuliskan
puisi dengan tulisan tegak bersambung dengan rapi dan terbaca oleh orang lain.
·
Menyebutkan
rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan.
·
Menyebutkan
nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan
·
Menyebutkan
nada-nada yang berbeda tingginya dan panjang pendeknya dari melodi yang
diperdengarkan.
·
Menjelaskan
perbedaan bunyi panjang dan pendek.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Kewajiban
anggota keluarga
·
Denah
rumah
·
Macam-macam
energi
·
Kegunaan
energi.
·
Oprasi
hitung bilangan
·
Gambar-gambar
tunggal
·
Puisi/syair
lagu.
·
Teks
percakapan.
·
Naskah
bacaan.
·
Penggalan
cerita
·
Nada-nada
pada alat musik.
·
Unsur-unsur
bunyi.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit (PKn, IPA , Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan guru tentang arti
kewajiban
F Bertanya jawab tentang contoh-contoh yang
termasuk sebuah kewajiban anak di rumah.
F Menceritakan pengalaman yang pernah
terjadi yang berhubungan dengan kewajiban anak di rumah.
F Menyimak penjelasan guru tentang
langkah/cara mencari hasil dari penjumlahan tersebut.
F Mengamati contoh soal penjumlahan 2 bilangan 2 angka tanpa
teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan contoh-contoh kewajiban di
dalam buku tugas.
F Dengan memperhatikan demontrasi guru,
siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan
adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan
manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik
dan energi listrik
F Melalui latihan siswa menjumlahkan 2
bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Mencari hasil penjumlahan dengan benar
dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang diperliahtkan guru/
tersedia pada buku.
F Menjelaskan cara membersihkan ruangan .
F Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang
biasa terdapat pada ruangan tersebut.
F Menyimak penjelasan guru tentang langkah/cara mencari
hasil dari penjumlahan tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan isi gambar tersebut dengan
bahasa sendiri.
F Membuat kalimat yang dapat menceritakan
gambar tersebut secara lisan.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar
tersebut.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan denah
dan tanya jawab, siswa menyebutkan nama ruangan.
F Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk
membersihkan ruangan tersebut.
F Menceritakan pengalaman membersihkan
ruangan di rumahnya.
F Mengamati contoh soal penjumlahan 2
bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Melalui latihan siswa menjumlahkan 2
bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Mencari hasil penjumlahan dengan benar
dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan
teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan
suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk
memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan
teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari
percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa
yang melakukan percakapan dengan baik.
F Memperhatikan soal latihan yang ditulis
guru tentang penjumlahan 2 bilangan dua angka salah satu bilangannya kelipatan
10.
F Mengerjakan penjumlahan 2 bilangan 2 angka
salah satu bilangannya kelipatan 10 dengan teliti.
F Mengerjakan dengan cara menjumlahakan
terlebih dahulu nilai tempat satuan, setelah itu nilai tempat puluhan
F Dengan memperhatikan demontrasi guru,
siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan
adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan
manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan teks pendek ( wacana pendek) yang ditulis di
papan tulis.
F Menyimak penjelasan guru tentang cara membaca dan
melafalkan wacana tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca teks pendek dengan intonasi yang
baik dengan bimbingan guru.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dari
teks pendek tersebut.
F Memperhatikan soal latihan yang ditulis
guru tentang penjumlahan 2 bilangan dua angka salah satu bilangannya kelipatan
10.
F Mengerjakan penjumlahan 2 bilangan 2 angka
salah satu bilangannya kelipatan 10 dengan teliti.
F Mengerjakan dengan cara menjumlahakan
terlebih dahulu nilai tempat satuan, setelah itu nilai tempat puluhan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah
disediakan.
F Melalui penjelasan guru siswa
mengetahui tempat jeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan contoh soal cerita yang
mengandung penjumlahan serta cara pengerjaannya.
F Mengerjakan soal cerita yang
mengandung penjumlahan .
F Mengerjakan dengan menuliskan cara atau
kalimat matematikanya.
F Membahas secara bersama-sama salah satu
soal agar diketahui kebenaran dalam mengerjakannya
F Membaca wacana tersebut dengan suara
nyaring
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan
tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 4 x 35 menit (SBK, IPS, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui motivasi dan arahan guru, siswa
menjelaskan rangkaian bunyi dan detak.
F Mendengarkan nada-nada yang diperdengarkan
F Membaca solmisasi dari nada tinggi ke
rendah. ( melodi turun)
F Membaca solmisasi dari nada rendah ke
tinggi ( melodi naik ).
F Mengingat kembali nama ruangan yang terdapat pada gambar.
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang
telah tersedia.
F Membaca teks penggalan cerita tersebut dengan
suara nyaring
F Membaca penggalan cerita dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan
dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara klasikal, kelompok, maupun individual.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan 5 ruangan utama yang ada pada
sebuah rumah.
F Menempel guntingan
denah rumah yang sudah disiapkan.( dari koran, tabloid atau majalah )
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan memperhatikan demontrasi guru,
siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan
adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan
manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik
dan energi listrik
F Dengan bertanya jawab, siswa menjelaskan kewajiban anggota
keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan siswa menyebutkan
aturan yang beralku pada sebuah keluarga.
F Melalui diskusi sederhana yang dibimbing
guru , siswa menyebutkan akibat bila tidak menaati peraturan di rumah.
F Memperhatikan contoh soal cerita yang
mengandung penjumlahan serta cara pengerjaannya.
F Mengerjakan soal cerita yang
mengandung penjumlahan .
F Mengerjakan dengan menuliskan cara atau kalimat
matematikanya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan fungsi ruangan pada rumah pada
umumnya.
F Memperhatikan tek/wacana yang telah
disediakan.
F Membaca wacana tersebut dengan suara
nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui
kata tertentu sesuai dengan konteksnya
(sesuai tema )
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan
menggunakan bahasa sendiri.
F Membaca wacana dengan
memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan fungsi ruangan yang ada di rumah masing-masing.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara
berkelompok.
F Melaporkan hasil kerja kelompok.
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1
angka.
F Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Mengerjakan soal latihan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencoba menghayati isi puisi /syair lagu
F Dengan bimbingan guru, siswa melafalkan sebuah puisi dengan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih membaca puisi yang indah.
F Memperagakan membaca puisi yang baik.
F Dengan bimbingan guru, siswa belajar
mendeklamasikan puisi/syair lagu.
F Memperagakan deklamasi dengan ekspresi
mimik dan gerak yang sesuai.
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1
angka.
F Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Mengerjakan soal latihan.
F Melalui tanya jawab , siswa menyebutkan
manfaat energi listrik di rumah.
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa menyebutkan benda-benda
/alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit. ( Matematika,
B.Indonesia, )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih
menulis tegak bersambung yang benar
dengan memperhatikan huruf kapital yang
tepat.
F Memperhatikan beberapa kalimat yang
disediakan guru pada papan tulis
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1
angka secara bersusun.
F Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari
kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan
tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak
kalimat yang didiktekan guru
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Membahas soal secara individu
untuk mengetahui kemampuan siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1
angka secara bersusun.
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dengan tulisan tegak bersambung
F Membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah
didiktekan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit
(SBK, B. Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan bertanya jawab, siswa membedakan
tinggi rendahnya suatu nada.
F Melalui tanya jawab siswa membedakan
panjang pendek suatu nada.
F Melalui penjelasan guru, siswa menjelaskan
kembali perbedaan nada panjang dan pendek dengan benar dalam membaca nada.
F Membaca tangga nada dengan benar.
F Memperhatikan sebuah teks puisi yang
disediakan guru
F Membaca puisi yang disediakan guru secara klasikal
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan teks puisi yang telah dibaca ke
dalam tulisan tegak bersambung.
F Melalui pemberian tugas dan diskusi
kelompok siswa menjelaskan kembali fungsi dan cara membersihkan setiap ruangan
yang ada di rumah.
F Menceritakan cara merapikan dan
membersihkan, serta menyebutkan
fungsi kamar tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberikan pujian bagi siswa yang aktif
mengikuti kegiatan belajar, dan memberikan motivasi bagi siswa yang belum aktif.
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa
yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan.
·
Alat Peraga :
F Denah rumah
F Gambar-gambar tunggal
F Meja , kursi
F Baterai
F Pegas/per
F Api
F Kompor
F kipas angin
F teks puisi
F Kartu bilangan
F Gambar tangga nada.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Mengidentifikasi ruang dalam rumah
·
Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah.
2.
IPA :
·
Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi
gerak.
·
Mencontohkan
listrik dan panas sebagai keguanaan energi
·
Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan
energi listrik.
3.
PKN :
·
Menjelaskan arti kewajiban
·
Menyebutkan kewajiban anak di rumah
·
Menyebutkan kewajiban
setiap anggota keluarga .
4.
Matematika
:
·
Menjumlah 2 bilangan dua angka
·
Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10.
·
Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan
·
Mengurangkan bersususn 2
bilangan satu angka.
·
Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik
meminjam.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya
jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·
Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara
berpasangan dengan dengan
bimbingan guru
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan
panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
·
Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·
Mendeklamasikannya sesuai dengan
isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih
dahulu.
·
Menulis kalimat secara
benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan huruf sambung.
·
Menuliskan
puisi anak dengan huruf tegak bersambung
yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
·
Menyebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang
diperdengarkan.
·
Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya
dalam melodi yang diperdengarkan.
·
Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1.
IPS :
·
Jelaskanlah ruang dalam rumah
·
Ceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah.
2.
IPA :
·
Lakukanlah percobaan dan pembuktian dari sumber energi
gerak.
·
Contohkan
listrik dan panas sebagai keguanaan energi
·
Sebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan
energi listrik.
3.
PKN :
·
Jelaskan arti kewajiban
·
Sebutkan kewajiban anak di rumah
·
Sebutkan kewajiban
setiap anggota keluarga .
4.
Matematika
:
·
Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dua angka
·
Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan
kelipatan 10.
·
Selesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan
·
Bagaimana cara mengurangkan
bersususn 2 bilangan satu
angka.
·
Bagaimana cara mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik
meminjam.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Bagaimana cara Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Lakukanlah percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara
berpasangan dengan dengan
bimbingan guru
·
Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
·
Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda
pendek dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
·
Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan
konteksnya
·
Bacakanlah puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·
Bagaimana cara Mendeklamasikannya
sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang
sesuai.
·
Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf
lepas terlebih dahulu.
·
Bagaimana cara Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Tuliskanlah
kalimat yang didiktekan guru dengan
menggunakan huruf sambung.
·
Tuliskanlah
puisi anak dengan huruf tegak bersambung
yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Jelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
·
Sebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan.
·
Sebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya
dalam melodi yang diperdengarkan.
·
Jelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek.
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
VII. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI
…….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar