Jumat, 01 Maret 2013

RPPKeluarga1sms2



Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Keluarga 
Kelas/Semester     :  I / 2
Alokasi Waktu     : 2 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                     :     Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                      :     Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains        :     Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam
                                        kehidupan sehari-hari.
4.  Matematika       :    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam   pemecahan masalah.
5.  Bahasa Indonesia                              :
·         Berbicara      :    Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi  secara lisan  dengan gambar, percakapan  sederhana   dan dongeng.
·         Membaca         :     Memahami  teks pendek dengan membaca lancar dan 
membaca puisi anak.
·         Menulis           :     Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
      melalui  dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan  :  Mengapresiasi karya seni musik.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Mendeskripsikan letak rumah .
2. IPA :
·         Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet).
3.  PKN :
·         Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
4.  Matematika :
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5.      Bahasa Indonesia :
      Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang   sudah dikuasai.
      Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi  yang tepat
     Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
6.Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.

I.    Tujuan Pembelajaran**  :
                        Siswa dapat  :
·         Menjelaskan arti kewajiban.
·         Menyebutkan kewajiban anak di rumah
·         Menjelaskan kewajiban setiap anggota keluarga
·         Menyebutkan nama ruang dalam rumah
·         Menyebutkan fungsi tiap ruang dalam rumah
·         Melakukan percobaan sumber energi gerak
·         Membuktikan adanya sumber energi gerak, panas, dan listrik
·         Menyebutkan kegunaan energi panas, gerak, dan  listrik,
·         Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
·         Menjumlah 2 bilangan 2 angka
·         Menjumlah 2 bilangan  2 angka yang salah satunya kelipatan 10.
·         Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan.
·         Mengurangkan bersusun 2 bilangan 1 angka.
·         Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka tanpa teknik meminjam.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Melakukan percakapan/ dialog sedrhana dengan teman di depan kelas.
·         Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Membaca dengan tempat jeda panjang dan pendek.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca dengan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
·         Membaca puisi /syair lagu dengan benar dan indah
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi serta gerak dan mimik yang sesuai.
·         Menuliskan kembali kalimat  dengan huruf lepas dari buku atau papan tulis
·         Menuliskan kalimat dengan  benar  dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung.
·         Menuliskan puisi dengan tulisan tegak bersambung dengan rapi dan terbaca oleh orang lain.
·         Menyebutkan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan.
·         Menyebutkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan
·         Menyebutkan nada-nada yang berbeda tingginya dan panjang pendeknya dari melodi yang diperdengarkan.
·         Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Kewajiban anggota keluarga
·         Denah rumah
·         Macam-macam energi
·         Kegunaan energi.
·         Oprasi hitung bilangan
·         Gambar-gambar tunggal
·         Puisi/syair lagu.
·         Teks percakapan.
·         Naskah bacaan.
·         Penggalan cerita
·         Nada-nada pada alat musik.
·         Unsur-unsur bunyi.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti   :
Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  (PKn, IPA , Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan guru tentang arti kewajiban
F Bertanya jawab tentang contoh-contoh yang termasuk sebuah kewajiban anak di rumah.
F Menceritakan pengalaman yang pernah terjadi yang berhubungan dengan kewajiban anak di rumah.
F Menyimak penjelasan guru tentang langkah/cara mencari hasil dari penjumlahan tersebut.
F Mengamati contoh soal penjumlahan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan contoh-contoh kewajiban di dalam buku tugas.
F Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik
F Melalui latihan siswa menjumlahkan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Mencari hasil penjumlahan dengan benar dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang diperliahtkan guru/ tersedia pada buku.
F Menjelaskan cara membersihkan ruangan .
F Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang biasa terdapat pada ruangan tersebut.
F Menyimak penjelasan guru tentang langkah/cara mencari hasil dari penjumlahan tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan isi gambar tersebut dengan bahasa sendiri.
F Membuat kalimat yang dapat menceritakan gambar tersebut secara lisan.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar tersebut.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan denah dan tanya jawab, siswa menyebutkan nama ruangan.
F Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk membersihkan ruangan tersebut.
F Menceritakan pengalaman membersihkan ruangan di rumahnya.
F Mengamati contoh soal penjumlahan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Melalui latihan siswa menjumlahkan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Mencari hasil penjumlahan dengan benar dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan       teks percakapan sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
F Memperhatikan soal latihan yang ditulis guru tentang penjumlahan 2 bilangan dua angka salah satu bilangannya kelipatan 10.
F Mengerjakan penjumlahan 2 bilangan 2 angka salah satu bilangannya kelipatan 10 dengan teliti.
F Mengerjakan dengan cara menjumlahakan terlebih dahulu nilai tempat satuan, setelah itu nilai tempat puluhan
F Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan teks pendek ( wacana pendek) yang ditulis di papan tulis.
F Menyimak penjelasan guru tentang cara membaca dan melafalkan wacana tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca teks pendek dengan intonasi yang baik dengan bimbingan guru.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dari teks pendek tersebut.
F Memperhatikan soal latihan yang ditulis guru tentang penjumlahan 2 bilangan dua angka salah satu bilangannya kelipatan 10.
F Mengerjakan penjumlahan 2 bilangan 2 angka salah satu bilangannya kelipatan 10 dengan teliti.
F Mengerjakan dengan cara menjumlahakan terlebih dahulu nilai tempat satuan, setelah itu nilai tempat puluhan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat jeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan contoh soal cerita yang mengandung penjumlahan serta cara pengerjaannya.
F Mengerjakan soal cerita yang mengandung  penjumlahan .
F Mengerjakan dengan menuliskan cara atau kalimat matematikanya.
F Membahas secara bersama-sama salah satu soal agar diketahui kebenaran dalam mengerjakannya
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (SBK, IPS, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui motivasi dan arahan guru, siswa menjelaskan rangkaian bunyi dan detak.
F Mendengarkan nada-nada yang diperdengarkan
F Membaca solmisasi dari nada tinggi ke rendah. ( melodi turun)
F Membaca solmisasi dari nada rendah ke tinggi ( melodi naik ).
F Mengingat kembali nama ruangan yang  terdapat pada gambar.
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
F Membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
F Membaca penggalan cerita  dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara  klasikal, kelompok, maupun individual.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan 5 ruangan utama yang ada pada sebuah rumah.
F Menempel guntingan  denah rumah yang sudah disiapkan.( dari koran, tabloid atau  majalah )
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik
F Dengan bertanya jawab, siswa menjelaskan kewajiban anggota keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan siswa menyebutkan aturan yang beralku pada sebuah keluarga.
F Melalui diskusi sederhana yang dibimbing guru , siswa menyebutkan akibat bila tidak menaati peraturan di rumah.
F Memperhatikan contoh soal cerita yang mengandung penjumlahan serta cara pengerjaannya.
F Mengerjakan soal cerita yang mengandung  penjumlahan .
F Mengerjakan dengan menuliskan cara atau kalimat matematikanya.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan fungsi ruangan pada rumah pada umumnya.
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya       (sesuai tema )
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
F Membaca wacana  dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan fungsi ruangan yang ada  di rumah masing-masing.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil kerja kelompok.
F Memperhatikan contoh soal pengurangan  2 bilangan 1 angka.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Membahas soal secara individu  untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Mengerjakan soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencoba menghayati isi puisi /syair lagu
F Dengan bimbingan guru, siswa melafalkan sebuah puisi dengan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih membaca puisi yang indah.
F Memperagakan membaca puisi yang baik.
F Dengan bimbingan guru, siswa belajar mendeklamasikan puisi/syair lagu.
F Memperagakan deklamasi dengan ekspresi mimik  dan gerak yang sesuai.
F Memperhatikan contoh soal pengurangan  2 bilangan 1 angka.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Membahas soal secara individu  untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Mengerjakan soal latihan.
F Melalui tanya jawab , siswa menyebutkan manfaat energi listrik di rumah.
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa menyebutkan benda-benda /alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit. ( Matematika, B.Indonesia, )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan contoh soal pengurangan  2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung  yang benar dengan memperhatikan  huruf kapital yang tepat.
F Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada  papan tulis
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Membahas soal secara individu  untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf  lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak  kalimat yang didiktekan guru
F Memperhatikan contoh soal pengurangan  2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Membahas soal secara individu  untuk mengetahui kemampuan siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung
F Membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (SBK, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan bertanya jawab, siswa membedakan tinggi rendahnya  suatu nada.
F Melalui tanya jawab siswa membedakan panjang pendek suatu nada.
F Melalui penjelasan guru, siswa menjelaskan kembali perbedaan nada panjang dan pendek dengan benar dalam membaca nada.
F Membaca tangga nada dengan benar.
F Memperhatikan sebuah teks puisi yang disediakan guru
F Membaca puisi yang disediakan guru secara klasikal
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan teks puisi yang telah dibaca ke dalam tulisan tegak bersambung.
F Melalui pemberian tugas dan diskusi kelompok siswa menjelaskan kembali fungsi dan cara membersihkan setiap ruangan yang ada di rumah.
F Menceritakan cara merapikan dan membersihkan, serta menyebutkan  fungsi  kamar tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberikan pujian bagi siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar, dan memberikan motivasi bagi siswa yang belum aktif.

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

·         Alat Peraga  :
F Denah rumah
F Gambar-gambar tunggal
F Meja , kursi
F Baterai
F Pegas/per
F Api
F Kompor
F kipas angin
F teks puisi
F Kartu bilangan
F Gambar tangga nada.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·         Mengidentifikasi ruang dalam rumah
·         Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah.
2.      IPA :
·         Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak.
·         Mencontohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi
·         Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
3.      PKN :
·         Menjelaskan arti kewajiban
·         Menyebutkan kewajiban anak di rumah
·         Menyebutkan kewajiban  setiap anggota keluarga .
4.      Matematika :
·         Menjumlah 2 bilangan dua angka
·         Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10.
·         Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan
·         Mengurangkan  bersususn 2 bilangan  satu angka.
·         Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik meminjam.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
·         Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
·         Menyebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan.
·         Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan.
·         Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek.


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPS :
·         Jelaskanlah ruang dalam rumah
·         Ceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah.
2.      IPA :
·         Lakukanlah percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak.
·         Contohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi
·         Sebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
3.      PKN :
·         Jelaskan arti kewajiban
·         Sebutkan kewajiban anak di rumah
·         Sebutkan kewajiban  setiap anggota keluarga .
4.      Matematika :
·         Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dua angka
·         Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10.
·         Selesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan
·         Bagaimana cara mengurangkan  bersususn 2 bilangan  satu angka.
·         Bagaimana cara mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik meminjam.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Bagaimana cara Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Lakukanlah percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru
·         Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
·         Bacakanlah puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Bagaimana cara Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Tuliskanlah kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Tuliskanlah puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Jelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
·         Sebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan.
·         Sebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan.
·         Jelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek.

·         LKS
·         Lmbar observasi.

VII. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Kerjasama


Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1
4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar