Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
: memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda
·
Menulis : menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak.
PKN
·
Memahami sikap demokratis
·
Menampilkan nilai-nilai pancasila.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
·
Menyampaikan
pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
·
Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
PKN
·
Mengenal
kegiatan bermusyawarah
·
Menghargai
suara terbanyak.
·
Menampilkan
sikap mau menerima kekalahan.
·
Mengenal
nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
I. Tujuan
Pembelajaran**
PKN
·
Memahami
dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memahami
dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membiasakan
untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
·
Merasakan
manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur,
disiplin, lapang dada dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
·
Memahami
sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada
orang lain baik lisan maupuntulisan.
·
Menyalin
kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
·
Membuat
karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.Materi Pelajaran
PKN
·
Musyawarah.
·
Menghargai
pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
·
Sikap
lapang dada.
·
Nilai-nilai
kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
·
Menyampaikan
pesan pendek.
·
Menyalin
kalimat.
·
Menulis
karangan / puisi.
III. Metode Ajar ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
Demontasi
Penugasan
Kuis
Tanya jawab
PKN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pembiasaan
IV.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN). 5 x 35’
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F
Membaca
do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat duduk.
F Menginformasikan materi yang akan
disampaikan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membacakan cerita yang bertemakan
musyawarah kemudian menceritakan secara global.
F
Guru
mendiktekan isi pesan.
F
Siswa
mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
F
Siswa
mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak
bersambung.
F
Guru
memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
F
Guru
atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan
memperhatikan tanda baca.
Bahasa Indonesia
F
Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
F
Guru
menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
F
Siswa
menulis soal menyusun kalimat
dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik
lisan maupun tulisan.
F Siswa ditugasi mendiskusikan suatu
permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu keputusan atas kesepakatan
bersama.
F Siswa dapat mengaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari.
F Guru mengambil sebuah kesimpulan dari
hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membaca secara bergilir dengan tema
yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring.
F Mengambil intisari dari bacaan tersebut
dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
F Guru membacakan dan menyanyikan kakawihan
yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
F Siswa dapat mengambil intisari dari isi
kakawihan tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir,
guru:
F Penilaian pekerjaan siswa secara tertulis.
F Tanya jawab materi yang telah disampaikan.
F Pemberian tugas (PR, Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN). 5 x 35 ‘
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Membaca do’a dan mengabsen siswa.
F Merapihkan tempat duduk.
F Mengadakan pre test materi yang
telah disampaikan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membagi beberapa kelompok (5 orang
/kelompok).
F Siswa maju ke depan untuk menerima pesan
beraantai dari guru.
F Siswa menuliskan pesan tersebut (dilakukan
sampai habis kelompok).
F Guru memberikan kesimpulan sebagai
penguatan dan melakukan penilaian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru mengadakan sebuah diskusi untuk
membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
F Siswa mengikuti diskus tersebut dengan
harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang lain dan menghargai hasil
keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
F Guru menyimpulkan hasil diskusi sebagai
penguatan.
F Siswa membacakan sebuah dongeng dengan
lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
F Tanya jawab sekitar dongeng yang dibacakan
untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan karakter dalam dongeng
tersebut.
F Siswa ditugaskan untuk membuat dongeng
atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir,
guru:
F Penilaian hasil kerja siswa baik per
kelompok maupun perorangan.
F Pemberian tugas dan portofolio.
Pertemuan ketiga
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Berdo’a dan mengabsen siswa.
F Bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan diajarkan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menulis kalimat dengan menggunakan
huruf cetak.
F Siswa menyalin kalimat tersebut kedalam
huruf tegak bersambung.
F Penilaian hasil pekerjaan siswa dengan
memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
F Bercerita yang ada hubungan dengan sikap
lapang dada.
F Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk
mengungkapkan pendapatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nilai-nilai kejujuran,
kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
F Menceritakan akibat yang dirasakan dari
sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
F Mengisi skala sikap yang diberikan guru.
F Guru memberikan contoh cara memperkenalkan
diri.
F Siswa mempraktekan cara memperkenalkan
teman dengan bahasa sendiri.
F Siswa membuat percakapan dengan cara
memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Guru menilai hasil kerja siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang
telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa
baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
F Memberikan tugas atau PR
V. Alat dan Sumber belajar
F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
F Buku sumber lain yang dapat menunjang
proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Bahasa
Indonesia
PKN
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay,
skala sikap, portofolio
|
·
Salin ke dalam hurup sambung
-
Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua.
- Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst.
- Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
- Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst.
- Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”.
Dodi : “ saha namina ?.
Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”.
Dodi : “………………….”.
Arman : “…………………..”.
|
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP/NIK : -
|
PPAI Kec
NIP
|
,…….. 2011
Guru Tematik Kelas
II
NIP/NIK : -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar