Jumat, 01 Maret 2013

RPP Budi Pekerti kelas 2 / sms 2



Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     : 
Tema                    :  Budi Pekerti
Kelas/Semester     :  II / 2
Alokasi Waktu     : 2 minggu

Standar Kompetensi

Bahasa Indonesia

·         Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
·         Berbicara          : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan   mendeskripsikan benda
·         Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar   dan menyalin puisi anak.

PKN

·         Memahami sikap demokratis
·         Menampilkan nilai-nilai pancasila.

Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

·         Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
·         Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·         Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.

PKN

·         Mengenal kegiatan bermusyawarah
·         Menghargai suara terbanyak.
·         Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
·         Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

I. Tujuan Pembelajaran**

PKN

·         Memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
·         Memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
·         Membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
·         Merasakan manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

·         Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupuntulisan.
·         Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
·         Membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II.Materi Pelajaran

PKN

·         Musyawarah.
·         Menghargai pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
·         Sikap lapang dada.
·         Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

·         Menyampaikan pesan pendek.
·         Menyalin kalimat.
·         Menulis karangan / puisi.
III. Metode Ajar  ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
Demontasi
Penugasan
Kuis
Tanya jawab
PKN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pembiasaan

IV.Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN).  5 x 35’
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Membaca do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat duduk.
F Menginformasikan materi yang akan disampaikan.
  1. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan cerita yang bertemakan musyawarah kemudian menceritakan secara global.
F Guru mendiktekan isi pesan.
F Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
F Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
F Guru memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
F Guru atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan tanda baca.

Bahasa Indonesia

F Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
F Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
F Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan.
F Siswa ditugasi mendiskusikan suatu permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu keputusan atas kesepakatan bersama.
F Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
F Guru mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring.
F Mengambil intisari dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
F Guru membacakan dan menyanyikan kakawihan yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
F Siswa dapat mengambil intisari dari isi kakawihan tersebut.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Penilaian pekerjaan siswa secara tertulis.
F Tanya jawab materi yang telah disampaikan.
F Pemberian tugas (PR, Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN).  5 x 35 ‘
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Membaca do’a dan mengabsen siswa.
F Merapihkan tempat duduk.
F Mengadakan pre test materi yang telah disampaikan.
  1. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membagi beberapa kelompok (5 orang /kelompok).
F Siswa maju ke depan untuk menerima pesan beraantai dari guru.
F Siswa menuliskan pesan tersebut (dilakukan sampai habis kelompok).
F Guru memberikan kesimpulan sebagai penguatan dan melakukan penilaian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru mengadakan sebuah diskusi untuk membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
F Siswa mengikuti diskus tersebut dengan harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang lain dan menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
F Guru menyimpulkan hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membacakan sebuah dongeng dengan lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
F Tanya jawab sekitar dongeng yang dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan karakter dalam dongeng tersebut.
F Siswa ditugaskan untuk membuat dongeng atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Penilaian hasil kerja siswa baik per kelompok maupun perorangan.
F Pemberian tugas dan portofolio.

Pertemuan  ketiga
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Berdo’a dan mengabsen siswa.
F Bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan diajarkan.
  1. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menulis kalimat dengan menggunakan huruf cetak.
F Siswa menyalin kalimat tersebut kedalam huruf tegak bersambung.
F Penilaian hasil pekerjaan siswa dengan memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
F Bercerita yang ada hubungan dengan sikap lapang dada.
F Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk mengungkapkan pendapatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
F Menceritakan akibat yang dirasakan dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
F Mengisi skala sikap yang diberikan guru.
F Guru memberikan contoh cara memperkenalkan diri.
F Siswa mempraktekan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Siswa membuat percakapan dengan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Guru menilai hasil kerja siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
F Memberikan tugas atau PR

V.  Alat dan Sumber belajar

F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
F Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar

VI. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Bahasa Indonesia
  • Mencatat isi pesan.
  • Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
  • Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
  • Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
PKN
  • Menyebutkan cara bermusyawarah yang benar.
  • Mengerjakan tugas dengan cara berkelompok.
  • Membiasakan melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari.
  • Membiasakan menghargai pendapat orang lain dalam suatu diskusi.
  • Menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan dan suara terbanyak.
  • Membiasakan untuk bersikap lapang dada.
  • Menyebutkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan cara dan manfaat hidup jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.


tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio
·    Salin ke dalam hurup sambung
 -  Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua.
- Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst.
- Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
- Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst.
- Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”.
Dodi    : “ saha namina ?.
Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”.
Dodi    : “………………….”.
Arman : “…………………..”.

Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah




NIP/NIK : -
PPAI Kec





NIP
,…….. 2011        
Guru Tematik Kelas II




NIP/NIK : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar