Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Pengalaman
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
I. STANDAR KOMPETENSI
|
|
PKn
|
|
1.
|
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
IPS
|
|
1.
|
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah dan sekolah
|
Bahasa Indonesia
|
|
Mendengarkan
|
|
1.
|
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak
yang dilisankan
|
Berbicara
|
|
2.
|
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan
petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
|
Membaca
|
|
3.
|
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif, dan membaca dongeng
|
Matematika
|
|
1.
|
Melakukan operasi hitung
bilangan sampai tiga angka
|
2.
|
Menggunakan pengukuran
waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
IPA
|
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk
hidup
|
3.
|
Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn :
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
2. IPS :
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
3. IPA :
- Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal-
hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
(makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, olah
raga)
- Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan melalui benda
padat, cair dan
gas.
4. Matematika : - Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
-
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
-
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
-
Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
-
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
-
Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan
antarsatuan berat
5. B. Indonesia : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan
yang disampaikan secara lisan
- Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
-
Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
- Memberikan tanggapan dan saran
sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
-
Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif
III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn :
- Siswa dapat mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
- Siswa dapat menjelaskan latar belakang
terwujudnya Sumpah
Pemuda
- Siswa dapat menjelaskan tujuan Kongres
Pemuda I dan II
- Siswa dapat menjelaskan makna Sumpah Pemuda
- Siswa dapat menyebutkan manfaat persatuan
dan kesatuan
2. IPS :
- Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan
rumah
- Siswa dapat menjelaskan kerja sama (gotong royong)
sebagai cirri
khas bangsa Indonesia
3. IPA : - Siswa dapat
membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak
hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
- Siswa dapat mengidentifikasi perubahan
tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
- Siswa dapat menafsirkan perubahan manusia
berdasarkan hasil
pengukuran
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
gas
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda cair
- Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat benda
gas
4. Matematika
: - Siswa dapat menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada
garis bilangan
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan
perkalian dan pembagian
- Siswa dapat menyebutkan nilai mata uang
rupiah dari yang terkecil
sampai yang terbesar
- Siswa dapat menentukan kesetaraan nilai
uang dengan berbagai
satuan uang lainnya
- Siswa dapat menaksir jumlah harga dari
sekelompok barang yang bisa
dibeli atau dijual sehari-hari
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
- Siswa dapat menaksir panjang dan lebar
suatu benda dengan meteran
- Siswa dapat menaksir berat suatu benda
dengan alat timbangan/
neraca
- Siswa dapat menaksir lama kegiatan
sehari-hari dengan alat ukur
- Siswa dapat menentukan satuan ukur dalam
pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia : - Siswa dapat mendengarkan penjelasan untuk menolong
teman
- Siswa dapat menuliskan hal-hal penting yang
didengar tentang
menolong teman
- Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan
baik yang dilakukan
sehari-hari
- Siswa dapat melakukan percakapan tentang
pengalaman
- Siswa dapat menanggapi cerita pengalaman
teman
- Siswa dapat mengemukakan perasaan sesuai
isi bacaan
- Siswa dapat membuat kesimpulan isi bacaan
- Siswa dapat mengemukakan pendapat tentang
isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV. Materi Pokok
1. PKn
·
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2.
IPS
·
Kerja sama di lingkungan rumah
3. IPA
·
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak
hidup.
·
Perubahan pada
makhluk hidup
·
Sifat-sifat benda
4. Matematika
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan pengurangan
·
Perkalian dan pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
·
Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·
Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·
Menjelaskan isi teks.
V. MetodE Pembelajaran
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian tugas
VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Apresepsi :
F Mengisi daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan
materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan pertama
: 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Menjelaskan cara memelihara tanaman
F Siswa mempraktekkan cara memelihara
tanaman di sekolah
PKn
F Guru menceritakan secara singkat sejarah
Sumpah Pemuda
F Siswa menanggapi cerita yang disampaikan
F Guru membacakan teks Sumpah Pemuda
Matematika
F Siswa membuat garis bilangan dengan menentukan
letak titiknya
F Siswa menentukan bilangan pada garis
bilangan
F Siswa menentukan pola bilangan pada
garis bilangan
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru menjelaskan petunjuk lomba
F Siswa menanggapi penjelasan guru
IPS
F Siswa menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi
manusia
F Siswa menyebutkan akibat pencemaran
lingkungan
Matematika
F Siswa mengingat kembali perkalian
F Guru menjelaskan perkalian adalah
kebalikan dari pembagian
F Siswa mengerjakan latihan soal
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa menyusun percakapan melalui telepon
F Siswa mempraktekan percakapan
memakai telepon mainan di depan kelas
Matematika
F Siswa mengingat kembali bentuk pembagian
F Siswa mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
F Membahas soal yang dikerjakan siswa
IPA
F Siswa melakukan pengamatan tanaman yang
dipeliharanya di sekolah
F Mencatat hasil pengamatan secara
kelompok
F Siswa
melaporkan hasil pengamatan
di depan kelas
Minggu
II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa menggolongkan benda padat yang ada
di sekitar sekolah
F Siswa mengidentifikasi sifat-sifat
benda padat
PKn
F Siswa mendiskusikan nilai-nilai Sumpah
Pemuda dari Narasi yang diberikan guru
F Siswa dan guru menyimpulkan materi
yang berhubungan dengan nilai-nilai sumpah pemuda
Matematika
F Siswa menyebutkan jenis alat ukur
sederhana yang diketahuinya
F Guru dan siswa melakukan tanya
jawab tentang alat ukur tersebut
Ke Pertemuan dua : 6 x 35 menit ( Bahasa
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa mengamati gambar berseri
F Siswa memberi tanggapan melalui
pengamatan gambar
IPS
F Guru menjelaskan cara memelihara
lingkungan rumah
F Siswa mempraktekan cara memelihara
lingkungan rumah
Matematika
F Siswa memilih alat ukur yang sesuai dengan
benda yang akan diukur
F Siswa mengukur benda-benda tersebut
secara berkelompok
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa
Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru memberi contoh cara membaca bersuara
dengan lafal dan intonasi yang tepat
F Siswa membaca bersuara di depan kelas
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-banda padat
yang ada di sekitar rumah
F Siswa membuat laporan hasil
identifikasi benda-benda padat
Matematika
F Siswa menyebutkan alat-alat ukur sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
F Siswa menyebutkan kegunaan
alat-alat ukur sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Minggu
III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-benda cair
F Siswa menyebutkan sifat-sifat benda
cair
PKn
F Siswa mendiskusikan mengenai pengamalan
nilai-nilai Sumpah Pemuda
F Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
F Kelompok lain menanggapi hasil
laporan tiap kelompok
Matematika
F Siswa membuat jam dari karton secara berkelompok
F Siswa membubuhkan angka pada jam
tersebut dengan tepat
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa menjelaskan cara menggunakan huruf
kapital pada kalimat
F Siswa menulis kalimat dengan
menggunakan huruf kapital
IPS
F Guru menjelaskan cara melestarikan
lingkungan alam
F Siswa mengidentifikasi lingkungan
alam yang perlu dilestarikan
Matematika
F Guru menjelaskan tanda waktu jam
F Siswa membaca tanda waktu jam
setengah, seperempat pada jarum jam
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa
Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru menjelaskan pemakaian tanda hubung pada kalimat
F Siswa menggunakan tanda hubung
dalam kalimat
IPA
F Siswa membandingkan sifat berbagai benda cair
F Siswa menyebutkan contoh benda cair
Matematika
F Guru menjelaskan cara membaca tanda waktu dalam
bentuk angka atau digital
F Siswa membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
Minggu
IV
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
IPA
F Siswa mengidentifikasi benda-benda gas
F Siswa menyebutkan sifat-sifat benda
gas
PKn
F Siswa mencatat kegiatan karang taruna yang
menggalang persatuan dan kesatuan
F Mendiskusikan kegiatan karang taruna
secara berkelompok
F Melaporkan hasil diskusi di depan
kelas
Matematika
F Guru menerangkan hubungan antar satuan
waktu, menit dan jam
F Siswa menyelesaikan soal yang
berhubungan dengan satuan waktu, menit dan jam
Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru menjelaskan cara menulis kalimat dengan
menggunakan koma untuk memisahkan ruapiah, persepuluh dan sen
F Siswa membuat kalimat dengan menggunakan
koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh dan sen
F Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan tanda seru
IPS
F Siswa mengidentifikasi bentuk kerjasama di
lingkungan tetangga
F Siswa mengidentifikasi pekerjaan yang
dapat dilakukan dengan gotong royong di lingkungan rumah
Matematika
F Guru menerangkan tentang hubungan antar
satuan hari, minggu, bulan dan tahun
F Siswa mempraktekannya dalam bentuk
soal
Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa
Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Guru menjelaskan kata depan di dan ke pada
kalimat
F Siswa menggunakan kata depan di dan
ke pada kalimat
IPA
F Siswa menyebutkan contoh benda-benda gas
F Siswa membandingkan benda gas dengan
benda lainnya
Matematika
F Guru menjelaskan hubungan antar satuan
berat, kg, ons, dan gram
F Siswa melakukan latihan soal
mengenai hubungan antar satuan berat
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi
yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi
yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
1.
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
2.
Buku IPA
3.
Buku Matematika
4.
Buku Bahasa Indonesia
5.
Buku IPS
6.
Eksiklopedia
7.
Kamus Bahasa Indonesia
8.
Pedoman EYD
9.
Koran dan majalah
10. Media elektronik
Alat Peraga
1. Gambar
kenampakan alam
2. Gambar kenampakan buatan
3. Gambar
peristiwa alam
4. Teks
cerita binatang
VIII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. PKn :
§
Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§
Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
§
Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§
Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
2. IPS :
§
Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
§
Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai
ciri khas bangsa Indonesia
3. IPA :
§
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk
tak hidup berdasarkan pengmatan
ciri-cirinya
§
Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia
melalui pengamatan gambar
§
Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan
hasil pengukuran
§
Menyebutkan sifat-sifat benda gas
§
Menyebutkan sifat-sifat benda cair
§
Menyebutkan sifat-sifat benda gas
4. Matematika :
§
Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya
pada garis bilangan
§
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan
§
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dan pembagian
§
Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang
terkecil sampai yang terbesar
§
Menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
§
Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang
yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§
Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan
nilai uang
§
Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan
meteran
§
Menaksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
§
Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat
ukur
§
Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia :
§
Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
§
Menuliskan hal-hal penting yang didengar
tentang menolong teman
§
Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang
dilakukan sehari-hari
§
Melakukan percakapan tentang pengalaman
§
Menanggapi cerita pengalaman teman
§
Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
§
Membuat kesimpulan isi bacaan
§
Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
1. PKn :
§
Jelaskanlah arti Sumpah Pemuda
§
Jelaskanlah latar belakang terwujudnya Sumpah
Pemuda
§
Jelaskanlah tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Jelaskanlah makna Sumpah Pemuda
§
Sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
2. IPS :
§
Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
§
Jelaskanlah kerja sama (gotong royong) sebagai
ciri khas bangsa Indonesia
3. IPA :
§
Bedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak
hidup berdasarkan pengmatan
ciri-cirinya
§
Jelaskanlah perubahan tubuh pada manusia
melalui pengamatan gambar
§
Nafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil
pengukuran
§
Sebutkan sifat-sifat benda gas
§
Sebutkan sifat-sifat benda cair
§
Sebutkan sifat-sifat benda gas
4. Matematika :
§
Naksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya
pada garis bilangan
§
Jelaskanlah Pecahan masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlahan dan
pengurangan
§
Jelaskanlah Pecahan masalah sehari-hari yang
melibatkan perkalian dan pembagian
§
Sebutkan nilai mata uang rupiah dari yang
terkecil sampai yang terbesar
§
Tentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai
satuan uang lainnya
§
Naksir jumlah harga dari sekelompok barang
yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§
Selesaikan soal cerita yang melibatkan nilai
uang
§
Naksir panjang dan lebar suatu benda dengan
meteran
§
Naksir berat suatu benda dengan alat
timbangan/ neraca
§
Naksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat
ukur
§
Tentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah
sehari-hari
5. B. Indonesia :
§
Jelaskanlah Tentang menolong teman
§
Tuliskan hal-hal penting yang didengar tentang
menolong teman
§
Ceritakan pengalaman kebiasaan baik yang
dilakukan sehari-hari
§
Jelaskanlah cara melakukan percakapan tentang
pengalaman
§
Jelaskanlah cara menanggapi cerita pengalaman
teman
§
Bagaimana cara mengemukakan perasaan sesuai
isi bacaan
§
Buatkanlah kesimpulan isi bacaan
§
Jelaskanlah cara mengemukakan pendapat tentang
isi bacaan
· LKS
· Lmbar observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar