Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS :
Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/
Sains : Mengenal
berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia.
4. Matematika : Mengenal
bangun datar sederhana.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan :
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan gambar,
percakapan sederhana dan dongeng.
·
Membaca
:
Memahami teks pendek dengan
membaca lancar dan membaca puisi anak.
·
Menulis
:
Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan : Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
Kompetensi Dasar
:
1.
IPS :
·
Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2. IPA :
·
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim
hujan pada kegiatan manusia.
3. PKN :
·
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
4. Matematika :
·
Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.
·
Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an
sederhana.
·
Memerankan
tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi
yang tepat.
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6.Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek.
I. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat :
·
Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·
Menyebutkan akibat dari tidak menjaga
kebersihan.
·
Menceritakan
pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·
Menyebutkan
jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim
kemarau.
·
Membandingkan
cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·
Menyebutkan
kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
·
Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang
berlaku di masyarakat
·
Menjelaskan
akibat tidak patuh pada peraturan di
lingkungan masyarakat.
·
Menunjukkan
benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·
Menyebutkan
cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·
Menjiplak
berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·
Mengelompokkan
berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan,
warna, atau cirri lainnya.
·
Mendengarkan
dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi
dongeng.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya
jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·
Melakukan
percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman
dengan bimbingan guru.
·
Mengungkapkan
dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan.
·
Memberikan alas an mengapa suatu benda atau
kegiatan disukai atau tidak disukai.
·
Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh
yang dibawakannya.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek
dan panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membaca
denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan
huruf lepas terlebih dahulu.
·
Menulis
kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·
Menunjukkan
kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·
Melakukan
gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·
Melakukan
gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·
Melakukan
tarian pendek secara perorangan.
·
Memperagakan
tarian pendek secara kelompok.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Aturan
yang berlaku di masyarakat
·
Menjaga
kebersihan rumah.
·
Pengaruh
musim pada kegiatan manusia.
·
Mengenal
bangun datar.
·
Memerankan
tokoh dongeng
·
Membuat
kalimat berdasarkan gambar.
·
Percakapan.
·
Menyatakan
suka atau tidak suka disertai alasan.
·
Membaca
lancar
·
Menulis
huruf tegak bersambung.
·
Unsur
gerak tari.
·
Keragaman
unsur gerak tari.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu
ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang menunjukkan
musim hujan dan musim kemarau.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengaruh
musim bagi kehidupan manusia.
F Menjelaskan pengaruh musim pada kehidupan
manusia.
F Memperhatikan model / gambar macam-macam
pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
F Menunjukkan jenis-jenis pakaian yang
sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
F Melalui cerita dan pengalaman siswa
menceritakan tentang salah satu
peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan perasaannya ketika
menjalankan peraturan tersebut.
F Menuliskan contoh-contoh peraturan di
masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
F Mengamati model yang termasuk bangun datar.
F Mengenalkan bangun datar segitiga dan
bukan segitiga.
F Mengelompokkan model yang termasuk segi
tiga dan bukan segitiga.
F Menjiplak bangun datar segitiga pada buku yang telah disediakan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang bertemakan sopan
santun.
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh
dalam dongeng.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam
dongeng yang disukai.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian dalam rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam
menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
F Mengamati gambar –gambar yang termasuk
bangun datar.
F Mengenalkan bangun datar segiempat dan
bukan segi empat.
F Menunjukkan bangun datar segiempat dan
bukan segiempat.
F Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah
disediakan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa
Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F dikonsumsi pada musim hujan.
F Menceritakan rasa makanan tersebut bila
dikonsumsi pada musim yang berbeda.
F Menuliskan contoh-contoh makanan yang baik
dikonsumsi pada saat musim hujan.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan
contoh-contoh makanan yang banyak
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita
dalam dongeng.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
F Mengamati gambar –gambar yang temasuk
bangun datar lingkaran.
F Mengenalkan bangun datar lingkran dan
bukan lingkaran.
F Menunjukkan bangun datar lingkaran dan
bukan lingkaran.
F Membuat/menjiplak dari gambar lingkaran pada buku.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit. (B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru,
siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Bu, permios bade ka jamban,
dll)
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara
klasikal, kelompok dan individual.
F Menceritakan dengan kalimat sendiri.
F Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan pengucapan kalimat permohonan ijin di depan kelas.
F Mendengarkan kembali isi dongeng untuk
mengingatkan kembali.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng
tersebut.
F Mengelompokkan bangun datar tersebut
berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
F Mewarnai tiap kelompok bangun datar dengan warna yang
berbeda.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
B.Sunda, Matematika, B.Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru,
siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti
payun abdi rieut, dll)
F Mengamati gambar
yang diperlihatkan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara
klasikal, kelompok dan individual.
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
F Memeragakan pengucapan kalimat permohonan ijin di depan kelas
F Membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang
permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada
di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada
bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Membuat kalimat sederhana yang tepat untuk setiap gambar.
F Mengucapkan kalimat dengan intonasi dan lafal yang baik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 4 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia,
IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan teks percakapan
sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak
yang telah ditentukan.
F Melakukan gerakan tari yang sesuai antar
gerakan dan sesama penari lainnya.
F Menari sesuai dengan tepuk dan irama.
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan
teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan
suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk
memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan
teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan
yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa
yang melakukan percakapan dengan baik.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian dalam rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam
menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
F Menggambar peralatan kebersihan, dengan
cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar tugas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan ciri-ciri
musim hujan dan ciri-ciri musim kemarau.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa
membandingkan ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau terhadap lingkungan hidup
manusia.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secar
kelompok.
F Melaporkan hasil diskusi.
F Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan manfaat melaksanakan/ patuh pada peraturan yang berlaku.
F Menyebutkan Manfaat patuh terhadap
peraturan di rumah.
F Menyebutkan manfaat patuh terhadap
peraturan di lingkungan masyarakat.
F Mencatat beberapa manfaat dari mematuhi
peraturan.
F Membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang
permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada
di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus p[ada bangundatar segitiga,
segi empat dan lingkaran.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan
yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan
teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan
suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk
memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan
teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari
percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa
yang melakukan percakapan dengan baik.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat
menjaga kebersihan di dalam rumah dan
halaman rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian luar rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam
menjaga kebersihan luar rumah ( halaman)
F Membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang
permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada
di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada
bangundatar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan
lingkaran.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa
Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan pada model siswa menyebutkan kegiatan
manusia pada musim kemarau dan musim hujan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan kegiatan tersebut anatara
kegiatan pada musim hujan maupun pkegiatan pada musim kemarau.
F Menuliskan kegiatan siswa pada musim hujan
dan kemarau.
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi
untuk menceritakan benda/ kegiatan yang disukai.
F Menyampaikan secara lisan alasan benda
tersebut disukai.
F Bertanya jawab tentang kesukaan yang diminati siswa.
F Menuliskan tentang kesukaan yang diminati
siswa.
F Menyatakan kalimat suka atau tidak suka
pada suatu kegiatan atau benda.
F Membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang
permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada
di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada
bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat dan
lingkaran.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit.
( B Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru,
siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti payun abdi rieut, dll)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui cerita guru, siswa termotivasi
untuk menceritakan benda/ kegiatan yang tidak disukai.
F Menyampaikan secara lisan alasan benda
tersebut tidak disukai.
F Bertanya jawab tentang benda / kegiatan
yang tidak disukai.
F Membuat gambar bangun datar
yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang
permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada
di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada
bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Menyebutkan jumlah sisi pada bangun datar segitiga, segiempat
dan lingkaran.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, B Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan permainan untuk melatih
kecapatan dalam mengelompokan benda-benda yang termasuk segitiga, segiempat dan
lingkaran.
F Membuat gambar bangun datar segitiga berbagai ukuran
dengan bentuk yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi warna atau tempelan kertas warna
yang menarik.
F Memajang hasil karya di depan kelas.
F Memberikan tanggapan positif terhadap karya siswa lain.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke enam 4 x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan tanggapan positif terhadap
penampilan siswa lain dengan memberikan tepuk tangan.
F Mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
F Menyebutkan jenis penyakit yang
ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
F Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat
menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
F Menciptakan gerakan tarian secara
perorangan dengan diiringi musik atau nyanyian.
F Menampilkan gerakan tarian pendek secara
perorangan.
F Menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan
dalam dongeng tersebut.
F Melakukan pembagian peran untuk tiap
kelompok.
F Bermain peran dengan percaya diri sesuai
dengan tokoh yang dibawakannya.
F Menampilkan cerita dongeng dengan peran
masing-masing.
F Memberikan tanggapan positif bagi kelompok yang bermain dengan baik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengumpulkan informasi dari koran tentang bencana yang
ditimbulkan pada musim hujan dan musim kemarau.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan peristiwa yang terjadi akibat
dari musim hujan dan musim kemarau.
F Menyebutkan usaha /kegiatan yang dapat
mengatasi masalah atau peristiwa yang terjadi pada musim hujan atau musim
kemarau.
F Melalui tanya jawab, siswa menjelaskan
akibat tidak patuh pada peraturan yang berlaku.
F Menyebutkan akibat tidak patuh pada
pereturan di rumah.
F Menyebutkan akibat tidak patuh pada
peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat.
F Mengerjakan tugas/ mengisi latihan soal.
F Menyelidiki berbagai bangun datar dengan
cara menjiplak berbagai bentuk bangun datar.
F Membuat jiplakan pada garis putus-putus, kemudian menghubungkannya
agar membentuk bangun datar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah
disediakan.
F Membaca wacana tersebut dengan suara
nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui
tempat
F Menjelaskan bahwa tanda titik biasa dipakai pada kalimat
berita
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan
tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
F Menggunkan tanda baca titik, tanda tanya,
pada kalimat sederhana
F Menerangkan bahwa tanda tanya biasa
disimpan pada kalimat tanya ( pertanyaan).
F Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di dalam rumah.
F Menyebutkan jenis penyakit yang
ditimbulkan dari tidak bersihnya rumah.
F Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat
menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
F Menarik garis mulai dari tanda-tanda titik
yang telah ditentukan sehingga membentuk bangun datar.
F Membuat gambar segitiga dan segiempat pada
kertas berpetak.
F Memberi warna yang menarik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( IPA, Bahasa
Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan kegiatan yang dapat mengatasi bencana alam yang sering terjadi pada
musim kemarau dan pada musim hujuan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara
berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi.
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang
telah tersedia.
F Membaca teks penggalan cerita tersebut
dengan suara nyaring
F Membaca penggalan cerita dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan
dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara klasikal, kelompok, maupun individual
F Memperhatikan berbagai bentuk bangun
datar yang diperlihatkan guru.
F Menyebutkan kelompok bangun datar yang
termasuk segitiga
F Menuliskan kelompok bangun datar yang
termasuk segiempat.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara individual.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit.
(B.
Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui
penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya ( sesuai tema )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan
menggunakan bahasa sendiri.
F Membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang
tepat.
F Membuat gambar segitiga dan segiempat pada
kertas berpetak.
F Menarik garis mulai dari tanda-tanda titik
yang telah ditentukan sehingga membentuk
bangun datar menggunakan penggaris.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 3 x 35 menit ( Matematika,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan beberapa kalimat yang
disediakan guru pada papan tulis
F Mewarnai gambar bangun datar yang termasuk
segitiga dengan warna merah, segi empat dengan warna biru, dan lingkaran dengan warna kuning.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun dan menggabungkan beberapa bangun
datar menjadi sebuah bentuk binatang. Atau benda lain.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari
kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih
menulis tegak bersambung yang benar
dengan memperhatikan huruf kapital yang
tepat.
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan
tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35
menit (IPS, Seni Budaya dan
Keterampilan,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak kalimat
yang didiktekan guru
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana siswa
menjelaskan akibat tidak menjaga kebersihan di lingkungan luar rumah.
F Menyebutkan jenis penyakit yang
ditimbulkan dari tidak bersihnya lingkungan
rumah.
F Menuliskan nama-nama penyakit yang dapat
menyerang karean lingkungan rumah yang tidak bersih.
F Memeragakan gerakan tarian karya sendiri (
kelompok) di depan kelompok lain..
F Memperagakan suatu tarian yang sudah dipelajari secara berkelompok.
F Menampilkan tarian diiringi musik atau
nyanyian.
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dengan tulisan tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf besar dan
tanda baca.
F Membaca tulisan sendiri dari
kalimat-kalimat yang telah didiktekan agar dapat diperbaiki jika ada kesalahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar
siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD
, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD
Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas
1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
F Gambar rumah sehat dan tidak sehat.
F Gambar bangun datar
F Guntingan karton yang berbentuk segitga,
segiempat, lingkaran.
F Gambar peristiwa banjir dan kekeringan
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS :
·
Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·
Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2.
IPA :
·
Menceritakan
pakaian yang
sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·
Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan
maupun musim kemarau.
·
Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan
kegiatan manusia.
·
Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
3.
PKn :
·
Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·
Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4.
Matematika
:
·
Menunjukkan benda-benda yang secara geometris
berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·
Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari
banyak sisinya.
·
Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·
Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran,
menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·
Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·
Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·
Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·
Melakukan
percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan
teman dengan bimbingan guru.
·
Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka
pada benda atau suatu kegiatan.
·
Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak
disukai.
·
Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·
Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan
panjang.
·
Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
·
Membaca
denag memberikan
penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih
dahulu.
·
Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Menunjukkan
kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan
musik.
·
Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·
Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·
Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·
Memperagakan tarian
pendek secara kelompok.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1.
IPS :
·
Jelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·
Sebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
2.
IPA :
·
Ceritakan
pakaian yang
sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·
Sebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan
maupun musim kemarau.
·
Bandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan
kegiatan manusia.
·
Sebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
3.
PKn :
·
Sebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·
Jelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.
4.
Matematika
:
·
Tunjukkan benda-benda yang secara geometris
berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·
Sebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari
banyak sisinya.
·
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan
lingkaran.
·
Kelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut
bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Sebutkan tokoh dalam dongeng
·
Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·
Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng adalah
.....................
·
Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·
Buatkanlah kalimat berdasarkan
gambar secara lisan.
·
Lakukanlah
percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan
teman dengan bimbingan guru.
·
Kungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada
benda atau suatu kegiatan.
·
Memberikan alasan mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak
disukai..............
·
Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang
dibawakannya.
·
Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan
panjang.
·
Bacakanlah penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang
benar.
·
Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata
tertentu sesuai dengan konteksnya.
·
Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf
lepas terlebih dahulu.
·
Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf
tegak bersambung.
·
Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Tunjukkan
kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan
musik.
·
Lakukanlah gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·
Lakukanlah gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·
Lakukanlah tarian pendek secara perorangan.
·
Peragakanlah tarian
pendek secara kelompok.
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI
…….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar